Inspirasi Ide Bisnis Roti Kekinian bagi Pemula yang Ingin Mulai Usaha

Bagi kamu yang bingung untuk mencari inspirasi untuk peluang usaha kekinian yang pasti diminati dari berbagai kalangan, kamu bisa mencoba ide bisnis roti kekinian bagi para pemula.

Tren bisnis roti kekinian ini, bermunculan karena banyaknya film yang sering menggunakan para pemain filmnya untuk mempromosikan jenis rotinya. Mulai dari kegiatan sarapan, kudapan hingga brunch.

Melihat tampilan makanan yang terlihat begitu menarik dan lezat saat para pemain film atau drama menyantapnya, tentu saja banyak orang yang menginginkan menu makanan yang tersaji di dalam film tersebut. Nah, dari sini, kita sebagai pemula bisa melihat peluang bisnis yang akan mendapatkan perhatian dari banyak kalangan.

Beberapa sajian ini bisa kamu adaptasi dengan selera masyarakat di Negara kita namun tidak merubah bentuk dan juga rasa dasarnya. Lalu, apa saja dan bagaimana mengembangkan ide bisnis roti kekinian ini? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.


Apa Itu Roti Kekinian?

Roti kekinian saat ini menjadi salah satu komoditas menu makanan yang memiliki rating pembelian cukup tinggi. Baik itu pembelian platform online maupun offline.

Roti kekinian ini bisa mengadaptasi total sesuai dengan resep asli dari Negara atau tempat asalnya. Bisa juga dengan cara mengadaptasinya sebagian, yaitu kita menggunakan bahan dasar serta teknik pengolahan yang mirip namun taste menyesuaikan dengan selera konsumen di Indonesia, yang nantinya akan menjadi sasaran pembelian produk dari bisnis roti kekinian kamu.

Baca juga: Peluang Bisnis Subway, Restoran Sandwich yang Sering Muncul di Drama Korea


Inspirasi Ide Bisnis Roti Kekinian untuk Pemula

Nah, ada beberapa ide untuk produk dari bisnis roti kekinian saat ini yang bisa menjadi inspirasi. Diantaranya, yaitu :

1. Roti Toast dengan Isian Ayam, Ikan dan Daging Sapi

Bisnis Roti Toast

Inspirasi bisnis roti kekinian yang pertama adalah roti toast dengan isian yang bisa kamu variasi dengan ayam, ikan atau daging sapi. Sehingga dengan cara ini, kamu bisa memberikan banyak pilihan kepada calon pembeli.

Istilah toast sendiri intinya adalah roti panggang. Sehingga apapun variasi yang akan kamu buat untuk jenis roti toast ini, wajib untuk mengolah roti yang digunakan dengan cara menggunakan panggangan.

Agar toast memiliki yang sesuai dengan selera masyarakat Asia, maka bisa ditambahkan dengan sayuran seperti selada, irisan tomat atau timun dan mixing dengan berbagai saus yang bisa customize sesuai dengan keinginan pembeli.

2. Garlic Bread Cream Cheese

Bisnis Roti Garlic CheeseSebenarnya untuk ide bisnis roti kekinian yang kedua ini, sudah sering kita temui di berbagai jenis coffee shop atau resto fast food. Rasa yang gurih dengan aroma bawang putih menjadi salah satu daya tarik dari roti ini.

Namun, yang membuatnya kekinian adalah untuk membuat roti ini, kamu bisa menambahkan topping cheese yang akan meleleh di atas garlic bread ini.

Jadi, ketika tersaji hangat keluar dari oven, aroma kuat dari perpaduan bawang putih dengan keju yang meleleh akan membuat para pembeli pasti ingin kembali untuk membeli produk dagangan kamu.

Renyah dan garing di luar dan lembut di dalam menjadi garlic breed tidak pernah sepi peminat. Dan bisa kamu tambahkan dengan berbagai pilihan saus untuk menjadikan roti kekinian yang satu ini menjadi lebih nikmat tiada tara.

3. Sweet Taro Bread

Sweet Taro BreadBisnis roti kekinian berikutnya merupakan adaptasi dari Negara Ginseng, Korea. Bentuk roti ini benar-benar mirip dengan bahan baku utamanya yaitu ubi ungu.

Uniknya, roti ini memang benar-benar dengan isian ubi jalar manis yang kulitnya sudah bersih lalu memasaknya dengan cara mengukus hingga lembut. Bisa menggunakan jenis ubi manis baik itu ubi kuning maupun ubi ungu.

Aroma manis pasti akan menyeruak dari olahan roti ini, yaitu, perpaduan isian roti dari manisnya ubi jalar dengan madu. Untuk menambahkan rasa gurih, kamu bisa menawarkan ke pembeli, tambahan cheese atau mozarela untuk isiannya.

4. Banoffee (Banana Toffee) Chocolate

Roti Banana ToffeIde usaha untuk roti kekinian berikutnya memiliki nama yang cukup menarik dan unik, yaitu banoffee chocolate. Bahan baku utamanya sesuai dengan namanya yaitu pisang.

Meski terbuat dari pisang, namun menu roti ini bisa menjadi mewah dan juga memiliki rasa yang istimewa. Sebab memiliki tampilan yang sangat cantik dan menarik dengan rasa manis khas yang berasal dari buah pisang.

5. Corndog dengan Rasa Manis Coklat dan Gurihnya Mozarella

Bisnis Roti CorndogUntuk bisnis roti kekinian yang satu ini bisa menjadi jajanan pinggir jalan yang cukup mengenyangkan dengan pilihan rasa manis atau gurih. Model sajiannya sangat unik yaitu dengan menggunakan tusuk sate namun dengan ukuran yang lebih besar dan panjang.

Karena tujuannya memang menjadi kudapan maka porsi yang tersaji tidak dengan ukuran yang terlalu besar. Dan untuk masalah harga, nantinya kamu bisa bandrol dengan harga yang ekonomis juga.

Untuk variannya, kamu bisa memberikan pilihan kepada calon pembeli untuk jenis isian dan juga topping-nya. Jika manis bisa menggunakan coklat dan untuk rasa gurih bisa menggunakan mozarella.

Baca juga: Bisnis Warmindo Kekinian: Modal Kecil tapi Menguntungkan


Tips Sukses Bisnis Roti Kekinian

Jika kamu sudah menentukan variasi dari ide bisnis roti kekian yang nantinya akan kamu rintis, langkah berikutnya adalah memikirkan tips dan trik untuk membangun karir usahamu agar bisa bersaing dengan kompetitor.

Berikut beberapa tips untuk kamu agar sukses dalam berbisnis roti kekinian :

1. Memanfaatkan Dapur Di Rumah

Sebagai seseorang yang masih di awal merintis usaha, ada baiknya memanfaatkan semua fasilitas yang sudah ada terlebih dulu. Terlebih jika ternyata semua fasilitas tersebut cukup worth it untuk mendukung usaha roti kekinian.

Salah satu caranya yaitu memanfaatkan dapur yang ada di rumah untuk membuat produk rotimu. Sehingga kamu bisa saving money untuk keperluan yang lain.

2. Susun Strategi Pemasaran dengan Matang

Salah satu hal penting yang akan menopang keberhasilan dalam merintis usaha adalah strategi pemasaran yang baik dan matang. Sebab ini hubungannya dengan pengenalan produk kamu kepada calon pembeli.

Pertama, kamu harus memahami terlebih dulu, siapa yang akan menjadi target untuk membeli produk dari bisnis roti kekinian kamu. Selanjutnya hitung anggaran kebutuhan dengan cermat dan akurat. Kalau perlu tulis dengan detail hal-hal kecil yang nantinya akan masuk pengeluaran kamu.

Hal ini cukup krusial, agar uang yang kamu gunakan tidak melebihi anggaran. Lalu, tentukan target, kapan kamu harus bisa kembali modal. Sehingga kamu punya rencana atau siasat marketing yang matang.

3. Lakukan Inovasi

Agar produk jualan untuk bisnis roti kekinian kamu mampu bersaing dengan para kompetitor, maka sudah sewajibnya kamu melakukan berbagai inovasi yang akan menarik daya tarik bagi calon pembeli.

Pikirkan inovasi yang membuat produk roti kamu berbeda dan unik namun tetap dengan citarasa yang istimewa. Misal untuk produk garlic bread, kamu bisa menggunakan jenis roti yang berbeda-beda dan memberikan keterangan di setiap jenisnya.

Bisa mulai dari tekstur, rasa, serta kelebihan dan manfaat dari masing-masing jenis roti. Ini bisa memberikan pilihan rasa yang sesuai dengan selera calon pembeli. Inovasi ini juga bisa membantu promosi kamu terlebih jika kamu menawarkan penjualan roti mu dengan cara berjualan online.

4. Promosi adalah Kunci

Bagi kamu yang baru awal merintis, sudah menjadi kewajiban kamu selaku pengusaha untuk melakukan promosi besar-besaran. Baik melakukannya secara offline maupun online.

Kamu harus bisa memanfaatkan sebaik mungkin media sosial yang kamu miliki untuk menjaring minat pembeli. Gunakan copywriting dan menyertainya dengan gambar produk roti yang semenarik mungkin jika kamu ingin mempromosikan bisnis roti kekinian yang sedang kamu jalani.

Berikan keterangan dengan cara atau kata-kata yang simpel dan unik apa saja kelebihan dan keunikan dari produk jualan kamu dibandingkan dengan yang lain.

Baca juga: Keuntungan dengan Memulai Bisnis Roti Rumahan


Manakah Varian Produk yang Menjadi Inspirasi Bisnis Roti Kekinian Kamu?

Itu tadi beberapa penjelasan singkat mengenai langkah serta tips untuk memulai usaha kamu dalam bisnis roti kekinian. Tetap ingat bahwa persiapan yang kamu lakukan tidak boleh over budget.

Sesuaikan dengan anggaran awal agar tidak melebihi target yang sudah kamu rencanakan. Jika melebihi anggaran, maka sebaiknya kurangi bahkan hilangkan terlebih dulu keperluan yang nantinya bisa kamu pangkas dan memanfaatkan yang sudah ada terlebih dulu.

Semoga artikel di atas bisa membantumu untuk membuka usaha bisnis roti kekinian yang akan kamu rintis. Salam sukses!

Baca juga: Peluang Bisnis Croffle dan Perkiraan Modalnya


Temukan ide bisnis dan tips bisnis menarik lainnya hanya di LokalSupportLokal.id.

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...

Artikel Terkait