Bisnis Produk Olahan Kelapa yang Wajib Dicoba

Bisnis Produk Kelapa – Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kelapa terbesar di dunia. Tidak heran, produk kelapa kita pun banyak diekspor ke luar negeri.

Di dalam negeri, tingkat kebutuhan terhadap kelapa juga sangatlah tinggi. Maklum, kelapa memang memiliki banyak manfaat, baik untuk dikonsumsi maupun digunakan untuk kebutuhan sehari-hari melalui produk selain makanan.

Melihat manfaatnya yang beragam, kelapa pun bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Jadi jika kamu tertarik menjalankan usaha sendiri, bisnis produk kelapa bisa dicoba. Berikut beberapa bisnis produk olahan kelapa untuk kamu pertimbangkan.


Ide Bisnis Produk Olahan Kelapa

1. Es Kelapa Muda

Tidak diragukan lagi kalau sebagian besar orang menyukai es kelapa muda. Di tengah udara panas, meminum es kelapa muda memang sangatlah nikmat. Bila kamu tertarik berbisnis kuliner, minuman es kelapa muda patut dijajal.

Kamu pun cukup bermodal kelapa muda, gula aren, dan es batu. Tinggal pilih lokasi yang tepat, deh, untuk menjualnya.

2. Santan Kelapa

Masakan Indonesia banyak menggunakan santan yang merupakan air hasil perasan kelapa. Mengingat tingginya kebutuhan masyarakat kepada santan kelapa, tentulah ini merupakan peluang bisnis yang bagus.

Untuk menghasilkan santan kamu harus memarut kelapa terlebih dulu, baik secara manual atau menggunakan mesin pemarut. Memarut kelapa secara manual artinya harus menggunakan tangan.

Hal ini akan memakan waktu dan menghasilkan santan yang lebih sedikit. Dengan mesin, kamu bisa melakukannya dengan lebih cepat dan menghasilkan santan yang lebih banyak.

Sebelum memarut kelapa, hilangkan terlebih dulu rambut dan batok kelapa. Kulit cokelat kelapa pun bisa dikupas menggunakan alat pengikis kulit kelapa.

Bisnis santan memang berpeluang memberikan keuntungan, tapi yang harus diingat, nih, hasil perasan kelapa alias santan ini harus digunakan dalam waktu cepat.

Jadi, kamu harus mengatur strategi agar proses pembuatan santan dan pengirimannya tidak memiliki jeda lama—jangan sampai santannya basi ketika tiba di pelanggan.

Perhatikan juga kemasannya agar santan tetap dalam keadaan rapi dan aman ketika diambil pelanggan.

Baca juga: Bisnis Warmindo Kekinian: Modal Kecil tapi Menguntungkan

3. Kue Olahan Kelapa

Setelah selesai membuat santan dari hasil parutan kelapa, kamu dapat memanfaatkan hasil parutan kelapa sebagai bahan baku kue.

Misalnya, kue pancong, kue khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa, dan kelapa parut kasar.

Kue ini dimasak dengan cara membakarnya di atas api hingga matang dan kue pun disajikan dengan taburan gula pasir atau topping lain seperti cokelat, susu, atau keju.

Kue rangi juga bisa menjadi pilihan bisnis, yang terbuat dari campuran kelapa parut kasar dan adonan tepung sagu.

Kue ini pun disajikan dengan gula merah yang direbus bersama nangka dan dikentalkan dengan tepung sagu.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa atau Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan salah satu bisnis produk olahan kelapa yang populer beberapa tahun belakangan ini.

Popularitas VCO meningkat karena diklaim memiliki banyak manfaat, seperti mengobati diabetes, menambah daya tahan tubuh, membakar lemak, hingga menurunkan kolesterol.

Kelapa segar adalah kunci untuk menghasilkan minyak VCO murni. Yang harus diingat, VCO harus memiliki aroma kelapa yang natural, tidak tengik, dan mudah cair.

Dari segi visual, minyak VCO haruslah jernih alias tanpa warna. Diperlukan mesin pemarut kelapa untuk memproduksi VCO.

Dengan begitu, kamu dapat menghancurkan berkilo-kilo daging kelapa, sebelum mengairinya dan memerasnya. Selanjutnya, santan disaring, ditampung dalam wadah transparan dalam keadaan tertutup.

Satu jam berikutnya, krim yang ada akan dipisahkan dari air, ditambahkan minyak pancingan, diaduk, dan krim pun harus didiamkan selama 10 jam hingga menghasilkan minyak.

Seperti yang dikutip dari mitrausahatani.com, bisnis VCO ini cukup menguntungkan. Pengusaha VCO di Minahasa Freddy Gosal mengungkapkan kalau dia bisa memperoleh keuntungan antara Rp7.500 – Rp 8.000 dari setiap liter VCO yang diproduksi.

Baca juga: Peluang Bisnis Croffle dan Perkiraan Modalnya

5. Kerajinan tangan

Melalui cocofiber atau serat kelapa, kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk bahan baku kerajinan tangan. Kamu harus menggunakan mesin konveyor untuk menguraikan sabut kelapa hingga akhirnya memperoleh serat kelapa.

Bahan cocofiber ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk membuat sofa sebagai bagian jok dalam. Selain cocofiber, kamu juga dapat memanfaatkan batok kelapa sebagai produk kerajinan tangan.

Misalnya, alat dapur seperti sendok sayur maupun peralatan mandi seperti gayung.

Sudah memutuskan tipe bisnis olahan kelapa yang mana untuk dicoba?

Jika membutuhkan modal tambahan untuk memulai bisnis olahan kelapa, kamu dapat memanfaatkan program KoinBisnis dari KoinWorks.

Cukup daftarkan dirimu di sini melalui smartphone, kamu pun dapat mengajukan pinjaman dana hingga Rp2 miliar.

Bunganya juga terjangkau, antara 0,75% – 1,67% per bulan.

Tunggu apa lagi? Segera kembangkan bisnis produk olahan kelapamu!


Temukan berbagai infomasi dan tips bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...

Artikel Terkait