Bisnis Konter HP dan Aksesoris: Berapa Modal yang dibutuhkan?

Saat ini, salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan adalah bisnis konter hp. Salah satu alasan bisnis ini cukup menguntungkan adalah modal usaha konter hp yang tidak begitu besar. Selain itu, tips usaha konter hp yang terpenting adalah masalah lokasi dan networking.

Bisnis konter hp ini juga cukup menjamur salah satunya karena hampir semua orang saat ini sudah memiliki HP. Bisnis ini juga memiliki banyak variasi, dari mulai jual handphone sampai pulsa dan aksesoris hp lainnya.


Peluang Usaha Bisnis Konter HP

Bisnis konter hp saat ini memang cukup menjamur. Anda bisa menemukannya hampir di setiap tempat. Bagi beberapa orang, bahkan usaha ini merupakan salah satu usaha sampingan yang cukup menjanjikan.

Dari konter hp ini, bahkan Anda bisa membuka usaha lainnya. Beberapa usaha lain yang nantinya bisa Anda lakukan seperti service HP dan menjadi toko serba ada. Dari sini sudah terlihat bagaimana peluang usaha bisnis konter Hp ini cukup menjanjikan. Beberapa alasan lain mengapa bisnis ini cukup menjanjikan antara lain:

1. Tingkat Persaingan Usaha

Jika dilihat dari tingkat persaingan, mungkin usaha bisnis konter HP ini cukup tinggi. Hal inilah yang mengharuskan Anda untuk melakukan survey konsumen terlebih dahulu. Contohnya, jika di daerah Anda belum banyak konter Hp, maka usaha ini akan sangat menjanjikan.

Dengan perhitungan yang cukup matang, maka persaingan usaha ini juga bisa Anda menangkan. Tips usaha konter Hp yang cukup penting adalah masalah pelayanan dan juga service yang Anda berikan.

2. Modal

Hal lain yang juga menjadikan peluang bisnis konter hp ini cukup menjanjikan adalah masalah modal. Untuk Anda ketahui, modal dari bisnis ini tidak terlalu besar. Dari segi tempat misalkan, Anda bisa menggunakan halaman rumah sebagai tempat bisnis. Untuk modal uang, bahkan saat ini Anda sudah bisa berjualan pulsa dengan mudah dan modal yang cukup kecil.

3. Pangsa Pasar yang Menjanjikan

Fakta jika hampir semua orang memiliki hp juga menjadi alasan mengapa bisnis konter hp ini cukup menjanjikan. Dengan banyaknya konsumen, Anda mungkin tidak perlu menetapkan konsumen secara spesifik. Ketika pelayanan dan service yang Anda berikan baik, maka konsumen pun akan datang kembali.


Modal yang Diperlukan untuk Konter Hp

Seperti sudah dijelaskan di awal, jika bisnis konter hp ini tidak terlalu banyak modal yang Anda butuhkan. Jika ingin menciptakan bisnis dengan tempat yang baik, setidaknya Anda membutuhkan modal antara jutaan sampai puluhan juta.

Biasanya, modal terbesar untuk bisnis ini adalah untuk sewa tempat. Dalam hal ini, masalah tempat bisa Anda akali dengan menggunakan halaman rumah sehingga Anda tidak perlu membayar sewa tempat.

Namun, walaupun Anda menggunakan halaman rumah sebagai tempat usaha, Anda juga perlu memiliki beberapa hal untuk mendukung usaha Anda berjalan baik. Beberapa hal yang Anda butuhkan sebagai modal antara lain:

1. Etalase

Ini merupakan salah satu barang yang akan Anda perlukan ketika akan membuka bisnis konter hp. Nantinya etalase ini akan menjadi tempat untuk memajang produk yang Anda jual. Hal ini karena biasanya ketika membuka konter Hp, Anda juga akan menjual beberapa produk lain.

Beberapa produk yang juga dijual dalam konten Hp seperti handphone, kartu perdana, aksesoris hp, dan lainnya. Penggunaan etalase ini juga bertujuan untuk memperlihatkan semua produk yang Anda jual dengan lebih baik.

Etalase untuk bisnis konter hp ini bisa Anda dapatkan dengan harga 1 sampai 2 jutaan. Harga ini akan tergantung pada ukuran yang Anda butuhkan. Jika modal usaha konter hp Anda minim, Anda juga bisa menggunakan etalase second yang banyak dijual di beberapa tempat.

2. Rak Aksesoris Hp

Jika menggunakan etalase tidak memungkinkan dan kurang cukup, maka mungkin Anda juga membutuhkan rak aksesoris sebagai modal usaha konter hp. Nantinya, rak ini akan Anda gunakan untuk memajang produk lainnya yang juga Anda jual. Tujuannya adalah untuk memastikan jika aksesoris ini bisa terlihat dengan baik.

Aksesoris yang Anda jual ini juga bisa menjadi tambahan dalam penghasilan yang Anda dapatkan. Beberapa aksesoris hp yang bisa Anda jual ini seperti casing, anti gores, earphone, kabel charger, dan lainnya.

3. Pengadaan Handphone

Jika Anda juga ingin membuka bisnis konter hp sekaligus tempat jual handphone, maka Anda juga akan membutuhkan modal usaha konter hp untuk pengadaan handphone di awal ini. Nantinya, Anda juga bisa menjual dari mulai hp baru maupun second.

Modal untuk pengadaan handphone ini juga bisa menjadi besar atau kecil tergantung dari berapa banyak handphone yang akan Anda jual nantinya.


Perkiraan Keuntungan

Jika melihat dari dari peluang bisnis konter hp, ketika Anda bisa menemukan tempat yang tepat maka potensi keuntungan lainnya juga cukup besar. Keuntungan dari bisnis konter hp ini juga bisa Anda dapatkan dari beberapa hal, seperti:

1. Penjualan Pulsa

Ini merupakan pos penghasilan utama yang akan Anda harapkan. Keuntungan dari pulsa memang tidak begitu besar, namun perputaran keuntungan dari pulsa ini cukup cepat. Dari sinilah keuntungan besar bisa Anda dapatkan.

2. Penjualan Handphone

Potensi keuntungan cukup besar juga bisa Anda dapatkan dari penjualan Handphone. Dalam sekali penjualan, mungkin Anda akan mendapatkan nominal yang cukup besar. Hal ini juga bisa menjadi potensi keuntungan yang bisa Anda andalkan.

3. Penjualan Aksesoris

Meskipun tidak begitu besar, namun penjualan dari aksesoris juga bisa menjadi salah satu pos yang kamu andalkan. Penjualan dari aksesoris yang kamu jual ini bisa menjadi tambahan untuk penghasilan bisnis konter hp yang Anda miliki.


Tips Sukses Usaha Bisnis Konter HP

Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, maka ada beberapa tips usaha konter Hp yang bisa Anda lakukan. Beberapa tips tersebut antara lain;

1. Mulai dengan Langkah Kecil

Bisnis konter hp memang memiliki prospek yang baik. Namun ada baiknya jika Anda memulai dengang langkah kecil terlebih dahulu. Ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk melakukan tes pasar. Anda bisa memulai dengan hanya menjual pulsa saja sebelum nantinya menjual beberapa produk lainnya.

2. Pintar Memilih Mitra

Salah satu tips konter hp yang perlu Anda perhatikan adalah pintar memilih mitra. Memilih mitra merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis konter hp. Untuk mendapatkan mitra yang tepat, Anda bisa melakukan beberapa survey atau menanyakan langsung ke rekan yang sudah memulai bisnis ini lebih dahulu.

3. Memiliki Harga yang Tepat

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan dalam Bisnis konter hp ini adalah masalah harga jual. Menetapkan harga jual yang tetap juga menjadi hal yang penting. Selain itu, pastikan juga harga jual yang Anda tetapkan bisa bersaing dengan konter lain. Masalah harga yang bersaing ini juga menjadi penting untuk bisa menjangkau banyak konsumen baru.

3. Hindari Memberi Hutang

Tips konter hp lainnya adalah jangan pernah memberikan hutang ke orang lain terkait dengan bisnis ini. Perputaran keuntungan dari bisnis ini tidak begitu besar, memberikan hutang ke orang lain hanya akan membebani keuangan dan sisi finansial pada bisnis Anda ini.

4. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan ketika akan membuka usaha konter hp adalah pemilihan lokasi. Dalam hal ini, maka pastikan lokasi tersebut cukup strategis dan terlihat banyak orang. Pemilihan lokasi ini akan menjadi hal sangat penting bagi usaha konter hp ini.

5. Service Maksimal

Usaha konter hp ini termasuk usaha ang bergerak di bidang jasa. Hal ini lah yang menyebabkan Anda perlu memberikan service yang ramah agar pelanggan juga bisa kembali bahkan bisa menjadi pelanggan tetap. Masalah service ini juga bsia menjangkau banyak hal. Dari mulai pelayanang yang ramah sampai proses pembelian yang cepat.


Tertarik dengan Usaha Konter Hp?

Usaha ini cocok untuk Anda yang sedang mencari usaha sampingan dengan prospek yang cukup baik. Terutama jika Anda sudah bisa mendapatkan lokasi yang strategis, maka usaha ini akan sangat menjanjikan. Selain itu, dengan jumlah konsumen yang cukup banyak bisnis konter hp ini juga seolah tidak akan kekurangan pembeli. Dari sinilah mengapa usaha ini menjadi salah satu pilihan menjanjikan yang bisa Anda ambil.


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Baca juga:

 

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait