Bisnis Jual Beli Motor Bekas: Tips dan Estimasi Modal

Motor menjadi kendaraan yang paling populer, terutama di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini menunjukkan adanya permintaan pasar yang tinggi untuk kebutuhan motor ini. Nah, dari sini, kamu bisa menyadari bahwa bisnis jual beli motor bekas ini memiliki potensi yang bagus di Indonesia.

Kenapa harus motor bekas? Apakah lebih berpeluang daripada jual beli motor baru? Jawabannya akan dikupas secara lengkap pada pembahasan berikut ini!


Peluang Bisnis Jual Beli Motor Bekas

Berbicara mengenai peluangnya, bisnis yang satu ini menjadi usaha dengan peluang yang tinggi di Indonesia. Perlu kamu ketahui, bahwa harga motor bekas jauh lebih rendah daripada harga motor baru. Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan dalam berbisnis motor bekas.

Kamu bisa membeli motor bekas kemudian menjualnya kembali, maka harga jual masih bisa kamu tentukan di atas harga belinya. 

Berbeda halnya jika kamu membeli motor baru, kemudian menjualnya. Sudah pasti cara ini tidak akan lebih menguntungkan, karena kamu tidak akan bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi daripada harga belinya. 

Peluang bisnis motor bekas akan semakin terlihat saat kamu menentukan harga jual di bawah harga jual barunya. Harga yang relatif lebih rendah daripada harga motor baru, tentunya orang-orang akan lebih tertarik untuk membeli motor di tempatmu daripada harus membeli baru.

Kemudian, sebenarnya seberapa banyak sih modal yang harus kamu keluarkan untuk bisa memulai bisnis yang satu ini? Langsung saja, berikut estimasi modal yang harus kamu siapkan!


Estimasi Modal yang Dibutuhkan

Modal juga menjadi hal penting yang harus kamu siapkan untuk bisa memulai bisnis motor bekas ini. Ketika sudah menyiapkan modal, maka kamu akan lebih yakin dalam melangkahkan kakimu pada saat ingin merintis ide usaha yang satu ini.

Di dalam dunia usaha motor bekas, sebenarnya kamu bisa merencanakan untuk mengeluarkan modal sesedikit mungkin. Bisa mulai dari Rp 7 jutaan saja. Bagaimana bisa memulai usaha bisnis motor bekas dengan modal 7 jutaan?

Caranya adalah dengan membeli satu unit motor seharga Rp 7 jutaan terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa menjualnya dengan harga sekitar Rp 7,3 juta atau Rp 7,5 juta. 

Sehingga, kamu bisa mendapatkan keuntungan Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu. Nah, dari keuntungan itulah kamu bisa menambah jumlah unit motor yang kamu jual nantinya.

Namun, dengan modal yang lebih besar, tentunya usaha jual beli motor bekas akan menjadi lebih mudah berjalan. Misalnya, dengan modal Rp 50 jutaan saja, kamu bisa mendapatkan 5 unit motor seharga Rp 6 jutaan atau 4 unit motor seharga Rp 7 jutaan.

Jika modal yang kamu sediakan lebih besar, kamu bisa menyediakan motor bekas yang lebih bervariasi lagi. Sehingga, pengunjung juga bisa lebih leluasa dalam memilih motor bekas yang ingin mereka beli.


Tips Sukses Bisnis Jual Beli Motor Bekas

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui peluang dan juga modal yang harus kamu siapkan, maka tidak lengkap bila kamu tidak memahami tips dalam menjalankan bisnis yang satu ini. Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa kamu perhatikan pada saat menjalankan bisnis motor bekas ini:

1. Cermat dan Teliti dalam Memilih Motor Bekas

Kecermatan dan ketelitian menjadi hal yang penting pada usaha jual beli motor bekas ini. Kedua hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan pada saat sedang mencari dan memilih motor bekas yang akan kamu beli. Sebelum akhirnya akan kamu jual kembali di tempat usaha milik kamu.

Pada saat memilih motor bekas, pastikan seluruh komponen di dalamnya masih berada dalam kondisi yang baik. Hal ini sangatlah penting, karena yang namanya motor bekas pasti memiliki kondisi yang tidak lebih baik daripada motor baru. 

Bahkan bisa saja motor bekas itu sudah dalam kondisi yang tidak nyaman untuk digunakan.

Nah, agar kamu bisa menjualnya dengan harga layak dan pelanggan juga bisa menjadi puas saat membeli motor bekas di tempatmu. Kamu perlu memperhatikan kondisi motor bekas yang akan kamu beli.

2. Pastikan Surat-Surat Masih Lengkap

Selain cermat dan teliti dalam urusan fisiknya, kamu harus memperhatikan surat-surat dari si motor bekas itu. Pastikan motor yang akan kamu beli memiliki STNK dan BPKB secara lengkap. Jangan sampai kamu salah membeli motor bekas dan malah membeli motor bodong yang tidak memiliki surat sama sekali.

Kelengkapan surat-surat menjadi hal yang penting untuk membuktikan bahwa motor yang kamu jual itu bukan merupakan motor hasil curian. Agar pelanggan bisa menjadi lebih percaya dan lebih yakin untuk membeli dan mencari motor bekas berkualitas di tempat usahamu.

Selain itu, kelengkapan surat-surat juga menjadi sangat penting untuk urusan tertentu. Misalnya, ketika ada kegiatan operasi dari polisi dan lain sebagainya. 

Apabila bisa menunjukkan keseluruhan surat-surat dari setiap motor yang kamu jual. Pastinya kamu bisa aman dan pihak berwajib tidak akan mempermasalahkan kegiatan bisnis jual beli motor bekas yang kamu lakukan.

3. Perhatikan Pajak Kendaraan

Motor bekas yang berpotensi cepat laku dalam bisnis atau usaha jual beli motor bekas adalah motor yang memiliki pajak yang selalu terbayarkan tepat waktu. Karena akan sangat mempengaruhi nilai jual dari sebuah kendaraan bermotor.

Bisa dilihat contohnya pada kendaraan roda dua yang memiliki pajak menunggak. Orang yang ingin membelinya pasti akan merasa ragu dan kurang tertarik, meskipun kondisi fisik kendaraan masih bagus. 

Sebagian orang yang tertarik pasti akan mempermasalahkan penunggakan pajak dan kemudian melakukan nego harga. Negosiasi yang terjadi inilah yang akan menjadikan harga jual dari motor tersebut pasti akan turun, karena pelanggan yang mempermasalahkan penunggakan pajak tersebut.

Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah menanyakan terkait pajak dari motor bekas yang akan kamu beli. Kemudian, untuk lebih meyakinkannya, kamu bisa mengeceknya sendiri untuk memastikan bagaimana kondisi pajak dari motor bekas tersebut secara online.

4. Merawat dan Memperhatikan Kondisi Motor

Setelah membelinya dan sampai di tempatmu, kamu harus memastikan bahwa kondisi motor terus terjaga. Hal ini sangat penting dalam bisnis jual beli motor bekas, karena motor tersebut belum tentu langsung terjual di hari itu juga. Diperlukan waktu untuk menemukan pelanggan yang cocok dengan motor tersebut.

Nah, dalam rentang waktu menemukan pelanggan yang cocok dengan motor itu, kamu tidak bisa membiarkan motor bekas itu begitu saja. Rawatlah dengan baik, mulai dari kondisi fisik luarnya hingga mesinnya. 

Hal ini tentunya bertujuan untuk menghindari penurunan performa dari motor bekas yang kamu jual saat pelanggan membeli motor itu nantinya. Apabila kamu melakukan perawatan yang baik, tentunya motor akan terlihat sangat terawat dan sangat menarik di mata para pelanggan.

5. Mengetahui Harga Jual di Pasaran

Tips terakhir dalam bisnis atau usaha jual beli motor bekas ini adalah mengetahui harga jual dari motor tersebut di pasaran. Apabila kamu mengetahuinya, kamu bisa lebih mudah dalam menentukan harga jual motor di tempat bisnismu secara tepat.

Cara mengetahui harga jual di pasaran, kamu bisa mencari tahu dengan melihatnya melalui toko online atau e-commerce. Biasanya terdapat banyak orang yang menjual dan mematok harga yang bervariasi di toko online tersebut. 

Ambilah keseluruhan harga yang kamu temukan. Kemudian, carilah rata-rata dari harga jual tersebut. Nah, dari rata-rata itulah kamu bisa menentukan harga jual dari motor bekas di tempat kamu.

Namun, apabila kamu berpendapat bahwa harga tersebut terlalu murah dan kamu tidak mendapatkan untung apabila menjual di harga itu, maka kamu bisa menaikkan harganya. Ambilah selisih sekitar 5% dari harga beli untuk kamu tambahkan sebagai keuntungan yang akan kamu dapatkan. 

Tapi, bisa juga kamu ambil selisih yang lebih banyak untuk mengantisipasi adanya negosiasi harga dari pelanggan nantinya.


Siap Menjalankan Bisnis Jual Beli Motor Bekas?

Setelah menyesuaikan modal dan memperhatikan tips di atas, kamu bisa segera menjalankan bisnis jual beli motor bekas sendiri. Teruslah perhatikan tips-tips di atas agar kamu bisa menjaga dan meningkatkan kepuasan dari pelanggan yang berbelanja di tempat mu! Selamat mencoba!


Temukan berbagai infomasi dan tips bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait