Bisnis Jual Beli Mobil Bekas: Tips dan Estimasi Modal

Tertarik untuk memulai usaha bisnis jual beli mobil bekas? Sampai sekarang bisnis mobil seken memang cukup menjanjikan. Bahkan meskipun berada dalam kondisi pandemi sekalipun, jumlah peminat mobil seken terus mengalami peningkatan.

Jumlah tersebut cenderung berada di angka yang signifikan. Tidak mengherankan ketika banyak pebisnis mobil seken semakin mengembangkan bisnisnya dari yang semula offline sekarang melayani pembelian secara online.

Persaingan di bisnis tersebut juga cukup ketat. Bagi kamu memiliki keinginan untuk terjun ke bisnis ini, penting untuk memahami lebih lanjut tentang apa saja yang harus kamu pertimbangkan.


Peluang Bisnis Jual Beli Mobil Bekas 

Seperti apa peluang usaha jual beli mobil bekas? Secara umum, keuntungan yang akan kamu dapatkan sebagai penjual mobil kurang lebih 3% sampai dengan 5% dari harga jual untuk setiap unit. 

Jadi, ketika kamu membeli mobil bekas dengan harga Rp 100 juta, maka keuntungan yang bisa kamu dapatkan bisa mencapai 103 sampai dengan 105 juta rupiah.

Margin tersebut merupakan batas minimal dari penjualan mobil. Kamu sebenarnya juga bisa memberikan penawaran harga yang lebih tinggi. Mengapa? Hal ini perlu untuk kamu lakukan untuk sekadar berjaga-jaga ketika pembeli melempar penawaran di harga yang lebih murah dari harga yang seharusnya.

Ketika kamu memahami patokan tersebut, misalnya kamu menjual 10 mobil bekas dalam kurun waktu satu bulan. Kemungkinan kamu akan memperoleh keuntungan sekitar 30 juta rupiah dengan asumsi bahwa keuntungan untuk setiap unit adalah 3%.

Tentu saja angka ini besar, melihat modal yang sudah kamu keluarkan. Termasuk juga untuk biaya perawatan, sehingga membuat mobil bekasmu semakin laku. Maka dari itu, bisnis jual beli mobil bekas ini memang merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.

Selain itu, terdapat hal lainnya yang juga sangat penting. Kamu perlu memperhatikan kira-kira berapa modal yang harus kamu keluarkan untuk memulai bisnis ini. Bukan hanya itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara agar usahamu tersebut semakin maju.


Estimasi Modal yang Dibutuhkan

Lalu, berapa modal yang harus kamu siapkan? Sebenarnya mengenai estimasi modal untuk usaha jual beli mobil bekas tergantung masing-masing pebisnis. Kembali lagi, kamu tinggal melihat berapa banyak modal yang kamu miliki sekarang.

Akan tetapi, jika kamu mulai berbisnis mobil bekas untuk kelas showroom, maka biayanya tidak sedikit. Kita anggap harga setiap mobil adalah Rp 100 juta. Sementara kamu ingin memiliki 10 mobil bekas di showroom.

Itu artinya, biaya yang harus kamu keluarkan adalah Rp 1 miliar. Sebuah angka yang benar-benar sangat fantastis. Maka dari itu, bisnis ini memang bukan sekadar main-main. Hanya orang yang berpengalaman saja yang bisa melakukannya.


Tips Sukses Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Ada beberapa tips penting bagi kamu yang ingin terjun ke bisnis jual beli mobil bekas. Jika mengetahui tips tersebut, peluang usahamu untuk mendapatkan keuntungan yang banyak akan terbuka lebar. Bahkan usaha yang kamu jalankan juga bisa berkembang. Berikut ulasan singkatnya:

1. Tentukan Lokasi Showroom

Tips pertama yang mesti harus kamu perhatikan, yaitu menentukan lokasi showroom. Seperti usaha pada umumnya, kamu harus bisa memilih lokasi yang strategis. Usaha ini tidak harus menuntutmu untuk mempunyai sebuah lokasi showroom yang besar. Apalagi jika ternyata modal yang kamu miliki terbatas.

Lokasi showroom yang sekiranya pas untuk menunjukkan serta menyimpan beberapa stok mobilmu. Kuncinya, pastikan bahwa showroom tersebut mampu menghasilkan penjualan secara maksimal. Ketika memilih tempat showroom yang strategis, pembeli akan lebih mudah mengakses tempat usahamu tersebut.

Cobalah untuk memilih lokasi yang ada di pinggir jalan raya. Agar lebih mudah untuk menarik minat banyak orang. Akan semakin banyak orang yang mengetahui showroom kamu, maka semakin banyak orang yang akan datang ke tempat bisnis mobilmu tersebut.

2. Tentukan Mobil yang Akan Kamu Jual

Setelah berhasil menentukan lokasi yang tepat untuk bisnis jual beli mobil bekas, sekarang kamu tinggal menentukan apa saja mobil yang sekiranya laku di pasaran. Jangan sampai kamu menjual mobil bekas yang ternyata peminatnya tidak terlalu banyak. Hal ini hanya akan menyulitkan usahamu untuk bisa lebih maju.

Bahkan bisa juga malah mengantarkanmu pada kerugian. Lalu, bagaimana cara memilih mobil bekas yang laku di pasaran? Salah satu caranya adalah dengan melakukan pengamatan atau survei.

Silahkan mengamati kira-kira mobil apa yang sekarang paling banyak peminatnya. Selain itu, penting untuk memilih mobil yang tahun pembuatannya tidak terlalu lama. Adapun mobil yang tahun pembuatannya sudah lama malah akan memerlukan biaya perawatan besar.

Masyarakat Indonesia juga cenderung akan memilih brand yang menawarkan layanan after-class serta suku cadang yang mudah untuk ditemukan. Beberapa hal tersebut dapat menjadi pertimbanganmu sebelum mulai mengisi showroom dengan beberapa mobil yang akan kamu jual.

3. Hindari Makelar

Di dalam dunia bisnis, pasti kamu tidak asing dengan istilah makelar. Maka sangat penting untuk menghindari adanya makelar mobil pada saat kamu ingin membeli mobil bekas untuk usahamu. Bukan hanya sekedar untung rugi, melainkan kamu tidak dapat mengecek kondisi mobil secara langsung.

Apalagi di sini kamu akan menjual mobilmu tersebut kepada konsumen. Bayangkan ketika kamu tidak mengetahui mobil tersebut dan langsung menjualnya kembali. Ternyata kualitas mobil tersebut malah mengecewakan, sehingga konsumen pun tidak lagi mempercayai mobil bekas yang kamu jual.

Maka dari itu, pastikan kamu membeli mobil dari pemiliknya secara langsung. Supaya kamu dapat benar-benar memastikan seperti apa kondisi mobilmu tersebut. Selanjutnya, kamu bisa mulai memperkirakan berapa harga yang akan kamu lempar kepada pembeli.

4. Perbaiki serta Percantik Mobil

Tips berikutnya ketika memulai bisnis beli mobil bekas adalah kamu harus memperbaiki serta mempercantik mobil tersebut. Tujuannya adalah agar harga mobil bekas tersebut bisa naik dari harga yang seharusnya.

Kamu bisa mulai mengecek kondisi dari setiap mobil yang akan kamu jual. Jika kamu tidak bisa mengeceknya sendiri, kamu bisa meminta tolong orang-orang yang profesional atau bisa langsung membawanya ke bengkel.

Pastikan bahwa mobil bekas tersebut kondisi mesinnya masih baik serta masih layak untuk digunakan. Kamu juga dapat melakukan perbaikan pada bagian body mobil. 

Lakukan pengecatan ulang atau bisa juga dengan mencucinya sampai bersih. Setelah itu, baru kamu bisa mulai memamerkan mobilmu tersebut kepada konsumen.

5. Pastikan Surat-suratnya Lengkap

Bagian yang tidak kalah penting dalam berbisnis mobil bekas adalah kelengkapan kendaraan tersebut. Sebelum kamu mulai menjualnya, kamu harus mengecek semua surat-suratnya. Pastikan semuanya lengkap, sehingga konsumen tidak ragu untuk membelinya.

Tentu konsumen banyak yang tidak mau ketika mereka harus mengeluarkan biaya tambahan untuk melengkapi surat-surat mobil tersebut. STNK serta BPKB adalah dua hal yang sangat penting dan jangan sampai salah satu atau bahkan keduanya tidak ada.

Oleh sebab itu, silahkan menyiapkan semua surat-surat yang ada. Ketika kamu merasa bahwa semuanya sudah lengkap, saatnya menjual mobil tersebut.

6. Berbisnis Sesuai Ketentuan Hukum

Sebagai pebisnis mobil bekas, kamu juga harus selalu memperhatikan aturan yang berlaku di Indonesia, karena negara kita merupakan negara hukum. Baik penjual maupun pembeli harus melakukan transaksi jual beli mobil bekas sesuai dengan aturan yang berlaku.

Jangan sampai ada pihak yang rugi, sehingga bisa menyebabkan kedua pihak harus berurusan dengan hukum. Para pelanggan yang seharusnya memberikan testimoni positif, malah memberikan tanggapan negatif setelah membeli mobil bekas di showroom yang kamu miliki.

7. Manfaatkan Networking

Bisnis usaha jual beli mobil bekas juga harus bisa memanfaatkan networking. Kekuatannya sangat kamu butuhkan untuk membuat bisnis yang kamu jalankan tersebut semakin optimal. Kamu harus memahami bahwa peluang word of mouth merupakan sesuatu yang bisa membuat bisnismu semakin terkenal.

Kamu juga bisa menemukan rekan bisnis maupun konsumen setia dengan memanfaatkan networking. Ketika kamu berhasil melakukannya, maka bisnis yang kamu jalankan akan memberikan hasil yang lebih baik.


Kamu Tertarik Untuk Terjun ke Bisnis Jual Beli Mobil Bekas?

Itulah pembahasan seputar estimasi modal dan beberapa tips penting untuk membuat bisnis jual beli mobil bekas kamu cepat laku. Jika kamu menerapkan tips-tips di atas, maka usahamu akan semakin berkembang. Alhasil, keuntungan yang kamu dapatkan nantinya juga akan semakin lebih baik. Semoga bermanfaat.


Temukan berbagai infomasi dan tips bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Baca juga:

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait