5 Tips Memulai Bisnis Ikan Asin

Di masa pandemi COVID-19, para pebisnis pemula dituntut untuk cermat memilih jenis wirausaha yang menguntungkan agar bisa jadi sumber penghasilan baru.

Salah satunya adalah peluang usaha bisnis ikan asin. Bisnis ikan asin merupakan salah satu potensi bisnis kuliner yang terbuka luas dan banyak peminatnya.

Pasalnya, peluang bisnis ikan asin ini mempunyai segmen pasar yang bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat, serta harganya yang cukup terjangkau dan masa penyimpanannya yang awet untuk dikonsumsi.

Selain itu, peluang usaha bisnis ikan asin juga sejalan dengan program pemerintah yakni Gemarikan, gemar memasyarakatkan makan ikan, sebagai upaya peningkatan gizi sejak dini.

Ikan asin memiliki nutrisi yang menyehatkan, di antaranya protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi yang penting bagi metabolisme tubuh.

Peluang usaha bisnis ikan asin bisa menyasar berbagai sektor, seperti untuk konsumsi rumah tangga maupun memasok kebutuhan usaha kuliner pelaku UMKM.

Ikan asin memiliki cita rasa gurih dan lezat yang cocok diolah dalam berbagai hidangan, seperti nasi goreng ikan asin, atau sebagai lauk yang dimakan bersama nasi hangat dan sambal.

Bahkan, peluang usaha bisnis ikan asin juga bisa menjadi alternatif penyedap rasa makanan.

Peluang usaha bisnis ikan asin pun tak akan pernah sepi pembeli. Dilansir dari data statistik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), tingkat konsumsi ikan nasional terus mengalami kenaikan signifikan hingga mencapai setidaknya 35,14 kg/kapita/tahun dan terus meningkat setiap tahunnya.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk memulai peluang usaha bisnis ikan asin ini?

Pertama, tentu saja menyiapkan modal dan alat yang diperlukan, seperti bahan baku ikan segar serta perlengkapan untuk mengawetkan ikan seperti garam, pisau, baskom, wadah penjemur dan mesin pengemas.

Dengan modal Rp 2-3 juta, kamu sudah bisa menjalankan peluang bisnis ikan asin. Berikut 5 tips untuk mulai peluang usaha bisnis ikan asin:

1. Memilih Bahan Baku Ikan Segar

Langkah awal memulai peluang usaha bisnis ikan asin adalah dengan memilih bahan baku ikan segar yang baik dan berkualitas sebelum diolah menjadi ikan asin.

Beberapa jenis ikan yang populer diolah sebagai ikan asin di antaranya ikan jambal roti, peda, teri, tenggiri, gabus, sepat, bulu ayam, layang, bilih, dan tembang.

Pilihlah ikan segar dengan bobot sesuai. Kamu bisa memilih ikan di pelelangan pasar ikan atau bekerja sama dengan nelayan setempat.

2. Menguasai Metode Pembuatan Ikan Asin

Langkah berikutnya untuk peluang usaha bisnis ikan asin ini yakni mempelajari metode pembuatan ikan asin.

Sebenarnya, membuat ikan asin relatif mudah, hanya diawetkan dengan menggunakan garam kemudian dijemur dan dikemas kemudian dipasarkan.

Ikan air laut maupun air tawar yang sudah dibersihkan, dipotong-potong dan disiapkan untuk direndam dengan larutan garam pekat.

Setelah beberapa waktu perendaman, ikan siap dijemur selama beberapa hari sampai benar-benar kering dan awet.

3. Mengemas Ikan Asin

Proses pengemasan ikan asin ini tidak kalah penting untuk melancarkan peluang usaha bisnis ikan asin.

Kamu bisa menggunakan kemasan plastik dengan metode vakum agar kedap udara dan lebih awet, atau menggunakan kemasan toples yang lebih estetik dan menjaga agar ikan asin tetap utuh selama proses pengiriman.

4. Tentukan Harga dan Target Pasar

Selanjutnya, untuk peluang bisnis ikan asin makin laris, tentukan harga sesuai dengan target pasar.

Usahakan memberi harga bersaing kalau kamu ingin menjadi supplier sukses untuk produk ikan asin ke restoran atau rumah makan.

Jika kamu ingin menjual ikan asin untuk konsumsi rumah tangga, terapkan harga yang sesuai dengan daya beli konsumen.

5. Lakukan Promosi Lewat Digital Marketing

Peluang usaha bisnis ikan asin kamu bisa makin sukses dengan strategi pemasaran yang tepat.

Lakukan promosi dan pemasaran digital melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Youtube agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Kamu juga bisa memanfaatkan marketplace lokal untuk memasarkan produk ke seluruh Indonesia, bahkan mancanegara. Hal ini terbilang mudah, mengingat produk ikan asin yang awet dan tahan hingga berbulan-bulan dalam suhu ruang.

Berikan bonus atau diskon potongan harga bagi pembeli reguler yang sudah menjadi pelanggan tetap, bisa menjadi salah satu strategi pemasaran jitu.

Peluang bisnis ikan asin dijamin tidak akan sepi pembeli selama pandemi. Ikan asin termasuk salah satu hidangan lauk favorit keluarga Indonesia dan banyak disukai oleh segala usia.

Dengan menerapkan 5 tips tersebut, peluang usaha bisnis ikan asin yang kamu jalankan bisa mendatangkan keuntungan yang signifikan.

Ingin memulai bisnis ikan asin namun terhalang dana? Ajukan saja pinjaman modal usaha melalui Super Financial App KoinWorks.

Melalui produk KoinBisnis dari KoinWorks, kamu bisa mendapatkan modal tambahan hingga Rp 2 Miliar dengan bunga bulanan mulai dari 0,75% per bulan.

Tak hanya memberi pinjaman, KoinWorks juga memberi kesempatan berpromosi di aset sosial media resmi KoinWorks secara gratis dengan mengikuti program #LokalSupportLokal.

Kamu juga bisa menemukan ide bisnis unik lainnya di situs #LokalSupportLokal lho. Semoga menginspirasi!

Artikel Terpopuler

bunga pinjaman bank mandiri

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021!

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021! - Bingung mencari pinjaman modal usaha terbaik? Bagi kamu yang berniat merintis bisnis,...
alasan bisnis gagal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal - Saat ini, pasti kita sering mendengar sebuah istilah yang bernama ‘New Normal’. Baik...
bisnis saat new normal

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan - Selamat datang di era new normal. Setelah pandemi berlangsung berbulan-bulan di Indonesia, inilah saat...
cara membuat buku kas harian

Bye Pembukuan Manual! Ini Cara Mencatat Buku Kas Harian Paling Praktis

Jika jeli mencari peluang bisnis, ada berbagai kesempatan dan potensi usaha yang menguntungkan bertebaran di sekitar kita.Apalagi kemajuan teknologi melalui aplikasi memudahkan para pelaku usaha untuk...
rekomendasi sneakers lokal wanita

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik - Sepatu alas karet, atau sneakers, awalnya difungsikan sebagai sepatu olahraga sebelum beralih menjadi...

Artikel Menarik Lainnya

Artikel Terkait