Bisnis Franchise Ngikan Ternyata Sangat Menjanjikan, Berapa Modalnya?

Bisnis franchise ngikan adalah salah satu sektor kuliner yang masih sangat menjanjikan. Selain minim modal, life style masyarakat yang saat ini cenderung menyukai makanan cepat saji tentu berpeluang menambah pundi-pundi keuntungan.

Pertumbuhan franchise atau bisnis waralaba di Indonesia memang sangat pesat. Sangking pesatnya, banyak orang dari kalangan apa saja tertarik untuk menggeluti bisnis franchise. Namun, perlu diketahui bahwa peluang keuntungan dan kerugian dari bisnis waralaba ini juga sama seperti jenis usaha lainnya.

Bagi para pemula yang berencana membuka bisnis franchise, khususnya franchise ngikan sebaiknya tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa cara, tips, dan modal yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan membuka bisnis franchise ngikan satu ini. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai habis ya.


Apa itu Ngikan?

Ngikan adalah salah satu nama menu makanan yang kemudian dijadikan sebagai salah satu brand makanan cepat saji. Seperti namanya, makanan ini menggunakan bahan utama berupa fillet ikan yang digoreng menggunakan tambahan tepung. Menu ini disajikan bersama nasi dan saus atau beberapa jenis sambal khas Indonesia. Bisa dikatakan konsep ngikan ini mirip seperti fish and chips, tetapi ada tambahan nasi dan aneka sambal.

Jenis ikan yang digunakan biasanya adalah fillet tilapia atau ikan nila. Sementara yang membedakannya adalah pilihan sambalnya. Ada beberapa pilihan sambal yang cocok disajikan bersama menu ini, yaitu sambal matah, oseng mercon, acar kuning, dan saus woku khas Manado.

Soal harga, satu porsi menu ini memiliki harga standar mulai dari Rp19 ribuan. Jadi, masih tergolong cocok untuk target pasar kelas menengah, khususnya para remaja yang belum bekerja.

Sebagai tambahan informasi, salah satu brand bisnis franchise ngikan yang meraup kesuksesan adalah franchise Ngikan Yuk. Bisnis ini sempat viral karena pemiliknya yaitu Muhammad Ikra menggandeng selebgram populer, Rachel Vennya dan Niko Al Hakim.

Bisnis ini diresmikan pada Oktober 2019 di Jakarta. Awal mulanya, Ngikan Yuk menerapkan konsep food container. Karena masyarakat Indonesia cenderung menyukai dine in, akhirnya brand ini menggunakan ruko atau kios sebagai tempatnya. Hingga tahun 2020, Ngikan Yuk sudah membuka lebih dari 200 cabang di Indonesia. Inilah yang membuat bisnis kuliner ini menawarkan kemitraan atau franchise.

Baca juga: 8 Tips Sukses Memilih Bisnis Franchise Makanan dan Minuman


Berapa Modal Bisnis Franchise Ngikan?

Karena peluang keuntungan dari bisnis franchise ngikan masih cukup menjanjikan, hal ini membuat banyak orang tertarik untuk menggeluti bisnis satu ini. Lantas, berapa modal yang dibutuhkan? Jika berpatokan pada brand Ngikan Yuk, franchise ini menawarkan dua pilihan konsep dengan harga yang berbeda.

Konsep pertama adalah franchise reguler. Konsep ini menawarkan seluruh biaya operasional di-handle langsung oleh mitra. Jadi, konsep ini cocok bagi calon mitra yang benar-benar serius dan ingin pindah kuadran.

Konsep kedua adalah autopilot. Berbeda dari konsep pertama, konsep autopilot menawarkan seluruh proses operasional di-handle langsung oleh tim Ngikan Yuk. Jadi, mitra hanya menerima laporan hasil perbulan. Konsep ini cocok untuk mitra yang ingin membuka bisnis, tetapi tidak memiliki banyak waktu untuk meng-handle bisnis tersebut.

Nah, agar bisa menjadi mitra bisnis Ngikan Yuk dibutuhkan modal sekitar Rp300 juta. Modal ini juga sudah termasuk biaya franchise fee selama 5 tahun ke depan. Bahkan para mitra juga bisa memilih konsep berjualan, seperti ruko atau food container. Namun, modal ini diluar bahan baku dan gaji pegawai.

Sebenarnya, untuk membuka bisnis franchise ngikan satu ini sangat simpel. Selain modal untuk membayar lisensi, para mitra juga hanya perlu menyiapkan lokasi strategis. Sangat menggiurkan, bukan?

Baca juga: Peluang Bisnis Subway, Restoran Sandwich yang Sering Muncul di Drama Korea


Bagaimana Cara Bisnis Franchise Ngikan?

Membuka bisnis franchise ngikan butuh perencanaan yang cukup matang. Supaya lancar, berikut tiga cara membuka bisnis franchise makanan hits satu ini:

1. Modal yang Cukup

Jika berpatokan dari franchise Ngikan Yuk, maka modal yang harus dipersiapkan kurang lebih Rp300 juta. Untuk berjaga-jaga adanya pengeluaran yang tidak terduga, sebaiknya persiapkan modal lebih dari yang ditawarkan oleh pewaralaba.

2. Pilih Lokasi Strategis

Soal lokasi, pihak pewaralaba akan menyerahkan sepenuhnya kepada para mitra. Maka dari itu, sebelum memilih lokasi untuk membuka bisnis franchise ngikan, ada baiknya melakukan survei lokasi terlebih dahulu. Kunjungi beberapa titik lokasi yang strategis, kemudian catat masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Setelah itu, tentu lokasi yang sekiranya memiliki peluang besar.

3. Manfaatkan Sosial Media

Saat ini sosial media bisa adalah wadah yang tepat untuk promosi, karena mudah, murah, dan cukup efektif dampaknya. Jangan lupa untuk mengunggah foto-foto yang berkualitas dengan caption yang informatif dan persuasif.

Untuk urusan konsep konten, biasanya seluruh mitra akan mengikuti konsep dari pusat dan ini cukup meringkas waktu. Sehingga hanya perlu membutuhkan konsistensi untuk mengunggah konten dan berinteraksi dengan konsumen.

Baca juga: 7 Rekomedasi Franchise Burger Lokal Indonesia


Tips Sukses Bisnis Franchise Ngikan

Karena banyak kompetitor, tentu untuk meraih kesuksesan tidak mudah. Supaya bisnis franchise ngikan cepat berkembang dan sukses, terapkan beberapa tips berikut ini:

1. Strategi Marketing

Dalam bisnis, strategi marketing memiliki peran sangat penting, salah satunya mempertahankan konsumen. Maka dari itu, jika ingin bisnis franchise ngikan sukses, buatlah strategi marketing yang tepat. Misalnya, konsep promosi, menjalin hubungan baik dengan konsumen, dan mempertahankan kualitas menu makanan.

2. Inovasi

Rajin berinovasi adalah hal wajib yang harus diterapkan dalam bisnis. Apalagi untuk bisnis franchise kuliner yang memiliki banyak kompetitornya. Ada beberapa inovasi penting pada bisnis makanan untuk mempertahankan konsumen, salah satunya adalah menghadirkan menu baru.

Khusus untuk bisnis franchise ngikan, tidak ada salahnya menambahkan varian sambalnya atau level kepedasan sausnya. Jangan lupa untuk meningkatkan kualitas rasa, pelayanan, dan kenyamanan. Tiga hal ini adalah poin penting untuk mempertahankan konsumen dan menarik konsumen baru.

3. Evaluasi

Selain inovasi, evaluasi juga penting bagi sebuah bisnis. Feedback dari konsumen seperti saran dan kritik adalah hal penting untuk kesuksesan bisnis franchise ngikan. Ketika ada kekurangan yang jadi keluhan konsumen, segera lakukan evaluasi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Franchise Makanan Terlaris Mulai 20 Juta


Kesimpulan

Keuntungan dari bisnis kuliner masih sangat menjanjikan, khususnya bisnis franchise ngikan. Menjadi mitra dari bisnis kuliner yang sudah populer dan memiliki nama ternyata tidak begitu rumit daripada membuka bisnis dari nol.

Secara umum, ada tiga cara untuk membuka bisnis ngikan, yaitu modal, lokasi strategis, dan promosi di sosial media. Agar cepat berkembang dan sukses, jangan lupa untuk menerapkan tips seperti strategi marketing, rajin berinovasi, dan evaluasi.

Soal keuntungan, bisnis ini tergantung pada bagaimana cara mengelola dan mempertahankan konsumen di tengah kerasnya persaingan kompetitor sejenis. Maka dari itu, butuh keberanian dan kerja keras untuk menjadi bagian dari mitra franchise. Demikian artikel seputar bisnis franchise ngikan. Semoga informasi mengenai cara dan tips bisnis ngikan di atas membantu ya!


Temukan berbagai tips bisnis dan ide bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.id.

Baca juga:

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...

Artikel Terkait