Tips Sukses Memulai Bisnis Food Truck Lengkap dengan Estimasi Modal

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar jenis bisnis yang satu ini. Sebab, kepopuleran bisnis food truck terus melejit sejak kemunculannya pada tahun 2013 lalu. Bahkan, beberapa pebisnis besar memperkirakan kalau bisnis ini akan terus menjadi trend dalam beberapa tahun kedepan.

Kamu tertarik untuk membuka bisnis food truck, tetapi tidak tahu bagaimana cara memulainya? Atau sebaliknya, kamu sudah punya bisnisnya tapi masih butuh tips untuk pengembangan?

Yuk, baca terus penjelasan ini sampai akhir untuk mendapatkan tips sukses berbisnis truk kuliner beserta estimasi modalnya.

Berapa Modal yang Dibutuhkan?

Jika kamu ingin memanen hasil jerih payahmu, maka kamu harus memastikan strategi dan persiapan tempurmu dengan tidak asal-asalan. Joko Waluyo selaku Ketua Komunitas Food Truck Jakarta dan Pembina Komunitas Food Truck Nasional telah memberikan kunci suksesnya.

Menurut beliau, kamu bisa memulai bisnis food truck dengan modal mulai dari Rp10.000.000 hingga Rp500.000.000. Selebihnya tergantung kreativitas kamu sebagai pemilik. Jadi, berapa modal yang dibutuhkan? Simak estimasinya di bawah ini.

1. Membeli Kendaraan

Syukurnya, modal bisnis food truck bisa kamu sesuaikan dengan keadaan “kantong”. Sebagai salah satu opsi pengurangan budget, kamu bisa memilih kendaraan berukuran kecil. Bila perlu, kamu bisa menyewa atau membeli mobil bekas yang masih layak pakai.

Umumnya, harga mobil pick up tidak lebih dari Rp100 juta, yaitu berkisar di antara harga Rp35.000.000 sampai Rp80.000.000. Selain murah, kamu bisa memperoleh beberapa keuntungan seperti jangkauan putar yang efisien, irit bahan bakar, dan mobilitas tinggi.

2. Memodifikasi Kendaraan

Kamu perlu melakukan modifikasi mobil supaya layak menjadi tempat berjualan. Sayangnya, biaya modifikasi terkadang jauh lebih mahal daripada harga kendaraannya, yaitu Rp225.000.000 sampai Rp325.000.000. Bahkan, modifikasi bentuk sederhananya memerlukan biaya Rp15.000.000 sampai Rp50.000.000.

Lebih baik, kamu perlu siap memutar otak dan menggunakan kreativitasmu. Bila memungkinkan kamu bisa memilih mobil bekas pengusaha food truck, sehingga kamu tidak perlu memodifikasinya lagi. Kalau akhirnya kamu tidak menemukan jawaban dari opsi ini, kamu bisa memodifikasi mobilmu sedikit demi sedikit.

Seiring berjalannya waktu, mobilmu akan rapi dengan sendirinya. Dengan kata lain, lebih baik mulai bisnis saja dulu dengan modifikasi mobil semampumu. Setelah itu, kamu boleh mewujudkan tampilan food truck impian kamu tanpa pusing memikirkan biaya.

3. Peralatan Berjualan

Tulis daftar peralatan yang benar-benar kamu butuhkan, seperti peralatan dapur, meja kursi, peralatan makan, kemasan produk, dan lain sebagainya. Catatan ini berguna untuk menghindari pengeluaran yang tidak penting.

Sebaiknya, kamu memanfaatkan alat-alat yang sudah kamu punya. Jika sekiranya masih harus membeli peralatan baru, pertimbangkan kualitas dan harga barangnya. Persiapan ini biasanya memakan biaya sekitar Rp5.000.000 sampai Rp10.000.000 tergantung bisnis food truck apa yang ingin kamu jalankan.

4. Operasional

Oleh karena pemasukan pebisnis pemula masih belum stabil, maka kamu harus memiliki modal operasional setidaknya untuk 6-12 bulan pertama berjualan. Sehingga, kamu tidak akan kelabakan saat kebutuhan mendesak datang. Kamu bisa menyiapkan dana sekitar Rp30.000.000 sampai Rp60.000.000.

Tips Memulai Bisnis Food Truck

Memulai bisnis ‘restoran bergerak’ terbukti bisa mendatangkan banyak keuntungan. Sebagai usaha lanjutan, kamu bisa memperluas jangkauan restoranmu dengan menawarkan menu terbaik sebagai daya tariknya.

Sedangkan sebagai usaha rintisan, kamu bisa memulai bisnis dengan biaya investasi yang terjangkau dan fleksibel. Kalau kamu tidak puas dengan hasil jualan di suatu tempat, kamu bisa berpindah dan mendatangi calon pembeli dengan leluasa.

Demi mewujudkan keberhasilan itu, jalankan bisnis truk kuliner kamu dengan melakukan tips-tips di bawah ini:

1. Melakukan Riset Pasar

Sebelum memulai bisnis food truck, lakukan riset yang mendalam terlebih dahulu. Cari tahu kemungkinan kesulitan yang akan kamu hadapi, kemudian rencanakan beberapa opsi penyelesaiannya dengan matang.

2. Mempersiapkan Mental

Selain modal uang dan peralatan, kamu harus menyiapkan mental yang kuat sebelum berjuang menjalankan bisnismu. Kamu harus menyadari bahwa usaha rintisan memang membutuhkan kekuatan yang ekstra. Jadi, persiapkan mentalmu secara matang sembari mencari ide-ide kreatif.

3. Menentukan Menu

Lebih baik kamu menghindari berjualan produk yang terlalu banyak. Karena pengalamanmu masih belum banyak, pilihlah satu atau dua menu andalanmu saja sebagai permulaan. Sajikan menu dengan tetap menonjolkan ciri khasmu, sehingga pelanggan bisa menemukan sisi unik dari menu yang kamu sajikan.

4. Menentukan Lokasi Berjualan

Lokasi bisnis food truck menjadi penentu keberhasilan penjualan kamu. Jadi, jangan sampai kamu membuka ‘kedai berjalan’ di tempat sembarangan. Kamu bisa mendatangi lokasi strategis berikut ini:

a. Dekat Tempat Perbelanjaan

Entah tempat perbelanjaan yang besar maupun kecil, cobalah memangkal di sore hingga malam hari. Namun, kamu juga harus memastikan kalau pengelola tempat itu sudah memberikan izin.

b. Area Pendidikan

Kalau kamu menjual makanan atau minuman ringan, bisa banget mencoba berjualan di area pendidikan seperti sekolah ataupun tempat les. Sediakan menu yang sedang trend, tetapi harga daganganmu harus sesuai dengan budget mereka.

c. Perkantoran

Seperti area pendidikan, di daerah perkantoran bisa menjadi tempat yang cocok untuk menjajakan daganganmu. Biasanya, karyawan sering mencari tempat makan yang cepat di jam makan siang mereka yang relatif singkat, yaitu antara pukul 11 hingga 2 siang.

d. Area Refreshing atau Olahraga

Taman kota atau alun-alun sering menjadi area bersantai atau berolahraga. Bukalah menu sarapan di pagi hari atau menu lainnya di sore hingga malam hari.

e. Tempat Rekreasi

Tempat rekreasi biasanya memberikan tawaran pada penjual sebagai bentuk kerjasama simbiosis mutualisme. Artinya, kedua belah pihak akan sama-sama diuntungkan dalam kerjasama ini.

5. Melengkapi Izin Usaha

Sama halnya bisnis di restoran, kamu juga harus mempelajari dan melengkapi izin usaha. Bisnis food truck kamu harus memiliki legalitas, baik perizinan berjualan maupun perizinan produk. Tujuannya agar calon pembeli semakin yakin dengan kualitas produkmu dan kamu pun bisa berjualan dengan aman.

6. Mengikuti Segala Event dan Bazaar

Event dan bazaar merupakan tempat yang paling efektif untuk mengenalkan bisnis kamu. Apalagi, kini sering terdapat event dan bazaar bertemakan food truck. Hal ini tentu saja menjadi kesempatan yang baik untuk mendekatkan diri dengan calon konsumen.

7. Kerjasama dengan Event Organizer

Daripada hanya mendatangi event saja, ajaklah kerjasama Event Organizer (EO) di event yang biasa kamu datangi. Kamu bisa menjadi official partner setiap EO mengadakan suatu acara.

8. Bergabung dengan Komunitas

Untuk memperkaya ilmu dan pengalaman bisnis food truck kamu, bergabunglah dengan komunitas atau asosiasi tertentu. Dengan bergabung bersama orang-orang yang berkecimpung di bidang yang sama, tentunya kamu akan mendapatkan arahan dan bantuan yang bisa menuntunmu menuju kesuksesan dalam berbisnis.

9. Memanfaatkan Teknologi Sebagai Sarana Pemasaran

Tidak hanya fokus pada strategi offline saja, kamu juga harus memanfaatkan dan mengoptimalkan berbagai platform online yang bisa mendongkrak penjualanmu. Misalnya, Facebook dan Instagram Ads, promosi melalui WhatsApp atau Twitter, membuka toko onlinemu dan bekerjasama dengan layanan pesan-antar, dll.

Media tersebut akan mempermudah komunikasi kamu dengan pelanggan sekaligus memberitahukan lokasi food truck terkini kamu serta menginformasikan adanya pemberian voucher, diskon, dan menu yang berlaku di hari itu. 

Maka dari itu, teknologi sangat membantu memperluas jangkauan dan mempermudah pengelolaan bisnis food truck kamu.

10. Berhubungan Dekat dengan Pelanggan

Bisnis apa saja yang kamu jalankan pasti memerlukan dukungan dari pelanggan. Pelanggan tetap biasanya secara sukarela membagikan pengalaman terbaik mereka saat membeli daganganmu. Bila menemukan kelemahanmu pun, mereka tidak akan sembarang memberikan komentar negatif.

Mereka lebih senang bila memberikan saran yang membangun, sehingga bisa membantu memajukan bisnis food truck kamu. Untuk itu, selalu ciptakan hubungan yang dekat dengan mereka. Misalnya dengan membuat program loyalty untuk para pelanggan setia.

Tertarik untuk Memulai Bisnis Food Truck?

Kalau kamu sedang mencari ide bisnis kuliner, tidak ada salahnya mencoba konsep bisnis ‘restoran berjalan’ seperti ini.

Banyaknya keuntungan yang bisa kamu peroleh membuat bisnis ini menjadi sebuah peluang yang sangat menjanjikan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berbisnis!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait