3 Inspirasi Bisnis Fashion dari Brand Lokal

3 Inspirasi Bisnis Fashion dari Brand Lokal – Tuntutan gaya hidup untuk selalu tampil stylish sesuai perkembangan tren menjadikan bisnis fashion tetap bertahan di situasi krisis.

Meski pusat perbelanjaan harus ditutup selama pandemi, nyatanya masyarakat masih antusias membeli produk-produk fashion secara daring untuk kemudian dipakai dan dipertontonkan di laman sosial media masing-masing.

Kebutuhan akan validasi diri melalui busana dan aksesoris adalah ceruk bisnis potensial yang bisa kamu gali.

Untungnya, masyarakat kini semakin cerdas memilih busana yang tak hanya populer secara nama brand tapi juga gagasan yang diusung oleh produk tersebut.

Memakai produk luar senilai ratusan juta atau miliaran rupiah memang memiliki kebanggaan tersendiri.

Namun, banyak pesohor tanah air yang mulai mempopulerkan brand fashion lokal dengan kualitas premium dan harga bersaing.

Jika kamu tertarik berbisnis di bidang fashion, maka pemilihan narasi yang tepat akan sangat membantu usahamu agar dikenal luas.

Berikut adalah inspirasi bisnis fashion dari brand lokal yang bisa kamu jadikan acuan untuk memulai usahamu sendiri!


1. Brand Fashion Lokal dengan Konsep Sustainable Fashion

Sustainable fashion adalah praktik mode yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sosial.

Tak hanya baik secara kualitas, produk-produk ini juga berkontribusi dalam menyelamatkan lingkungan.

Brand lokal yang gencar mengkampanyekan praktik sustainable fashion adalah Sejauh Mata Memandang, Rupahaus, Osem, dan Lanivatti.

Salah satu item yang berhasil menarik perhatian masyarakat adalah scarf Sejauh Mata Memandang yang dipakai oleh Dian Sastro di film AADC2.

Brand lokal ini pun mulai naik daun dan meluncurkan kampanye pelestarian laut dan berkolaborasi dengan brand-brand lokal lain seperti sepatu Compass.

Contoh ini bisa jadi inspirasi kamu dalam memulai bisnis fashion.

Gagasan apa yang mau kamu angkat?

Adakah nilai di balik produk yang hendak kamu tawarkan?

Jika ada, kembangkan narasi produkmu agar bisa diterima oleh orang-orang yang sepaham dengan nilai yang kamu emban.


2. Maksimalkan Penjualan Online

Salah satu kiprah sukses brand lokal yang berhasil meraup omset puluhan miliar adalah Erigo Store.

Pemiliknya, Muhammad Sadad, menjual produknya melalui web sejak tahun 2015 dan disusul dengan peluncuran aplikasi.

Produk-produk Erigo Store seperti kemeja, celana jeans, jaket, topi, dan tas tetap mendapatkan tempat di hati anak-anak muda Indonesia.

Untuk mengekspansi bisnisnya, Sadad tentunya memerlukan permodalan usaha secara cepat dengan bunga rendah.

Diakui Sadad dalam wawancara berikut , ia memilih peer-to-peer lending KoinWorks sebagai fintech lending yang dia percayai.

Terlebih, peminjam tidak perlu datang langsung ke kantor KoinWorks sehingga prosesnya jauh lebih efisien.

KoinWorks melalui KoinBisnis menawarkan solusi pendanaan non-bank yang memungkinkan para pelaku bisnis mendapatkan modal tambahan hingga Rp 2 Miliar.

Selain itu, bunga yang ditawarkan per bulannya hanya mulai dari 0,75%. Menguntungkan, bukan?

Senada dengan Sadad, pengalaman mengajukan modal di KoinWorks juga dirasakan manfaatnya oleh Linda Anggreaningsih, owner brand Buttonscarves.

Melalui pinjaman dengan bunga rendah, ia berhasil membeli mesin digital print dan melakukan ekspansi bisnis.

Dalam wawancaranya, Linda mengatakan bahwa pengajuan modal di KoinWorks sangat mudah, semua berbasis online dengan pengajuan dan pembayaran cicilan melalui dasbor interaktif, serta yang terpenting KoinWorks sudah terdaftar dan di awasi oleh OJK.


3. Berani Lakukan Inovasi Produk

Sebagai negara dengan mayoritas pemeluk muslim tertinggi di dunia, pasar produk fashion hijab masih sangat terbuka luas.

Hingga saat ini, pembeli masih mengandalkan brand lokal untuk tampil stylish.

Bagi kamu yang tertarik untuk bisnis fashion hijab, ButtonScarves adalah salah satu brand yang menginspirasi karena sukses memperkenalkan teknik laser cut pertama di Indonesia.

Yup, berani berinovasi dalam bisnis fashion tentunya akan sangat membantu kamu untuk tampil beda dan dikenal orang.

Kualitas hijab ButtonScarves dan detail motif yang khas membuat hijab buatan Linda langsung bisa dikenali oleh konsumen setianya.

Nah, setelah kamu mencari tahu apa gagasan produkmu, inovasi apa yang sekiranya bisa menjual, serta memilih fintech lending yang terpercaya untuk pengajuan modal, kini tinggal bagaimana cara memasarkannya!

Kamu bisa melakukan promosi di media sosial tanpa biaya dengan mengikuti program #LokalSupportLokal dari KoinWorks.

Para pelaku UKM bisa menginformasikan secara lengkap produk/jasa mereka yang terdaftar dalam microsite #LokalSupportLokal.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan exposure melalui Instagram dan Twitters resmi KoinWorks.

Jangan tunda lagi, ayo segera daftarkan bisnismu!