4 Cara Ampuh Kelola Bisnis dari Rumah di Tengah Pandemi

4 Cara Ampuh Kelola Bisnis dari Rumah di Tengah Pandemi – Seperti yang sudah kita tahu, saat ini pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan tentang aturan new normal, di mana semua masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti biasa namun tetap dalam protokol kesehatan yang ketat.

Bagi pemilik bisnis, tentu ini menjadi kesempatan untuk bisa meraih keuntungan lagi seperti sebelum adanya wabah ini. Tapi, sejak adanya aturan pembatasan di kerumunan membuat pemilik bisnis konvensional mulai melirik untuk berbisnis secara online. Bahkan ada yang memang menutup gerainya dan fokus hanya pada platform online.

Lalu, bagaimana sih cara yang ampuh agar kita bisa kelola bisnis dari rumah dengan baik? Berikut ini 4 caranya.


1
4 Cara Ampuh Kelola Bisnis dari Rumah di Tengah Pandemi

2
Jelaskan Secara Rinci

bisnis rumahan komunikasi online

Jika kamu adalah seorang pemimpin atau pemilik bisnis, kamu harus menjelaskan tujuan dan peran pekerjaan kepada seluruh tim atau karyawan yang ada. Kamu harus memastikan bahwa setiap individu memahami skenario bisnis, apa yang terjadi hari ini, di masa depan, misi dan visi tim saat ini, serta tujuan dan target pasar bisnis kamu.

Kejelasan bisnis secara keseluruhan dan rinci ini akan menghasilkan kinerja yang lebih baik dan dapat meningkatkan motivasi setiap orang. Alasannya karena kamu dianggap sebagai sudah mempercayai mereka tanpa ada yang ditutupi. Sehingga mereka pun memiliki sense of belonging terhadap produk atau jasa yang kamu jual.


3
Komunikasikan dengan Jelas

bisnis saat new normal

Komunikasi adalah salah satu elemen terpenting yang tidak boleh kamu lupakan. Kamu perlu menyampaikan komunikasi kepada seluruh tim secara jelas walaupun berada pada jarak jauh atau memiliki keterbatasan ruang gerak.

Komunikasi ini sangat membantu dalam membantumu mengambil keputusan dan menjangkau para anggota untuk bekerja secara efektif dari proses bisnis internal yang baru diubah dan disesuaikan.


4
Jaga Hubungan

bisnis rumahan pandemi kepercayaan percaya hubungan

Jika kamu sudah mengomunikasikan dari personal kamu kepada seluruh tim, kini saatnya kamu menjaga hubungan yang sudah dibangun sebelumnya dengan personal dari masing-masing tim. Karyawan yang bekerja dari rumah kemungkinan bisa merasa tersisih dan mengalami diskriminasi hingga dapat menimbulkan efek ke efisiensi kerja dan komitmen.

Untuk mengatasi ini, kuncinya adalah mendengarkan karyawanmu, memercayai dan memberi mereka rasa hormat menggunakan keterbukaan selama panggilan komunikasi. Kamu bisa memulai dari sekedar menanyakan kesehatan, atau apa yang sedang dirasakan di pekerjaannya hari ini. Dampaknya, selain merasa mendapat perhatian khusus mereka juga bisa menghasilkan kerja yang efektif.


5
Tegas Mengambil Keputusan

bisnis rumahan pandemi keputusan

Sebagai seorang pemimpin, kamu perlu memastikan tim kamu memiliki akses dan peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang produktifitas mereka. Mulai dari siapa yang harus menggunakan laptop, bagaimana jadwal kehadiran dan pengelolaan waktu kerja, hingga yang lainnya.

Kamu harus cepat dan tegas dalam mengambil keputusan, kamu akan dianggap memiliki integritas dan kepercayaan yang tinggi jika hal ini sudah kamu lakukan dengan benar. Selain itu, kamu juga harus menanyakan kepada rekan setim kamu apa yang dapat mereka lakukan jika ada keputusan atau transisi yang tiba-tiba dan cepat. Selalu pastikan bahwa kondisi dan keputusan yang kamu ambil akan baik-baik saja bagi semuanya.


Itu dia tadi 4 cara ampuh yang bisa kamu terapkan jika sedang atau baru ingin memulai bisnis dari rumah.

Nah, selagi menjalankan bisnis dari rumah, kamu pun kini bisa mempromosikan bisnismu melalui gerakan #LokalSupportLokal. Sebuah situs inisiasi dari KoinWorks yang mendukung para UMKM untuk terus maju dan meraih pasar lebih luas lagi dengan memaksimalkan sebuah microsite dan media sosial yang dimiliki oleh KoinWorks.

Semuanya dijamin gratis, cukup daftarkan bisnismu dan promosikan produkmu hanya dalam hitungan jam. Menarik bukan?