Bisnis Air Isi Ulang Oxy: Tips dan Estimasi Modal yang Perlu Disiapkan

Tertarik untuk memulai bisnis air isi ulang oxy? Sumber air bersih sekarang sudah mulai berkurang. Sementara air merupakan kebutuhan utama manusia dimanapun dia berada. Fakta inilah yang mendorong munculnya berbagai usaha galon isi ulang.

Di tempatmu mungkin juga ada usaha sejenis dimana usaha ini memang tidak pernah sepi dari konsumen. Keuntungannya pun cukup menjanjikan, terutama ketika usahamu sudah terkenal baik akan pelayanan maupun kualitas produk.

Bagi kamu yang berminat untuk terjun ke bisnis air isi ulang, kamu perlu menyimak apa saja tips penting agar usahamu berhasil. Agar usahamu akan semakin berkembang dan mampu bersaing dengan usaha milik kompetitor.


Peluang Bisnis Air Isi Ulang Oxy 

Bisnis air isi ulang oxy merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Kita tahu air merupakan kebutuhan utama semua manusia di bumi ini. Jadi usahamu akan selalu menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin mengonsumsi air bersih. 

Terutama di daerah yang memang cukup sulit untuk bisa mendapatkan air dengan kualitas yang bagus.

Hanya saja untuk memulai bisnis ini banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Bukan hanya sekedar memulai usaha dengan membuka depot isi ulang. Kamu perlu memperhatikan banyak faktor, seperti lokasi, target pasar, pemasaran, dan lain-lain.

Jika kamu mampu menjalankan semua hal tersebut secara efektif, kemungkinan bisnis kamu akan semakin terkenal. Setiap hari akan banyak orang yang datang ke tempatmu untuk membeli air isi ulang. Melalui hal tersebut, kamu juga akan mendapatkan keuntungan yang banyak.


Estimasi Modal yang Dibutuhkan

Sebelum memulai usaha air isi ulang oxy, pasti kamu berpikir kira-kira berapa banyak modal yang harus kamu siapkan? Modal yang harus kamu siapkan dalam memulai usaha ini cukup besar. Estimasi modalnya kurang lebih Rp 12.000.000.

Hanya saja perkiraan harga tersebut kemungkinan bisa berkurang atau bertambah. Tergantung dimana lokasi usahamu nanti, jenis mesin yang kamu gunakan, dan beberapa pertimbangan lainnya.


Tips Sukses Bisnis Air Isi Ulang Oxy

Tips agar bisnis air isi ulang oxy sukses, bisa kamu pelajari seperti berikut:

1. Menentukan Lokasi serta Target Pasar

Sebenarnya untuk tips yang pertama ini merupakan cara bisnis air isi ulang pada umumnya atau bahkan sama ketika kamu ingin memulai bisnis yang lain. Kamu perlu menentukan kira-kira dimana lokasi yang paling sesuai serta siapa saja yang akan menjadi target pasar. Tentunya lokasi yang terbaik adalah lokasi yang strategis.

Misalnya, kamu memilih tempat yang dekat dengan jalan raya, tempat yang padat penduduk, dan lain sebagainya. Ketika di tempat tersebut juga sudah ada depot isi ulang, sebaiknya jangan sekedar membuka usaha ala kadarnya atau dengan modal yang nekat.

Kamu perlu melakukan survei lapangan untuk bisa memilih mana lokasi yang benar-benar sesuai. Tidak kalah penting, yaitu kamu perlu mencari tahu seperti apa karakteristik dari konsumen. Contohnya, memikirkan alasan mengapa konsumen cenderung memilih depot isi ulang A daripada depot B.

Cara ini terbukti efektif untuk bisa memenuhi produk yang sesuai kebutuhan konsumen. Dapatkan informasi sebanyak-banyaknya, karena ini akan sangat menunjang kebutuhan dan keputusanmu sebelum memutuskan untuk memulai usaha.

2. Mengurus Perizinan dari Dinas Kesehatan

Ketika berkeinginan untuk membuka usaha air isi ulang oxy, sangat penting agar kamu melakukan uji laboratorium terlebih dahulu. Tujuannya untuk memastikan bahwa air tersebut memang layak untuk dikonsumsi. Uji coba ini harus kamu lakukan secara rutin, setidaknya enam bulan sekali.

Pihak distributor air isi ulang biasanya akan membantumu terkait berbagai hal yang berkaitan dengan perizinan dari Dinas Kementerian Kesehatan. Namun, jika ternyata kamu membeli mesin isi ulang secara terpisah, maka kamu harus mengurus semua perizinan tersebut sendiri.

3. Memperhitungkan Biaya Investasi

Tips yang ketiga ketika ingin memulai bisnis air isi ulang oxy, yaitu memperhitungkan semua biaya investasi. Adapun biaya yang harus kamu keluarkan untuk membuka bisnis ini menyesuaikan dengan sistem yang kamu gunakan.

Mesin air oxy yang memiliki teknologi canggih maupun teknologi terbaru sudah pasti harganya akan lebih mahal daripada mesin biasa. Seperti yang telah kami informasikan sebelumnya bahwa perkiraan modal yang perlu kamu siapkan kurang lebih Rp 12.000.000.

Akan tetapi, modal tersebut juga menyesuaikan dengan skala bisnis yang akan kamu bangun. Jadi, bisa saja modalnya lebih ringan atau bahkan lebih tinggi dari pada estimasi modal tersebut.

4. Pilih Paket Mesin Air

Terdapat dua opsi paket mesin yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memilih antara air mineral maupun air minum RP. Opsi yang pertama masih menggunakan mesin dengan teknologi yang sederhana. Hanya ada beberapa pretreatment serta desinfektan yang berfungsi untuk membunuh bakteri.

Itu artinya, partikel serta mineral yang ada di dalam air masih dipertahankan. Jadi, kamu harus memastikan bahwa sumber air yang kamu gunakan nanti benar-benar bersih jika memilih menggunakan mesin tersebut.

Adapun untuk opsi yang kedua memakai mesin Reverse Osmosis atau RO. Mesin ini akan membuat air yang sudah melalui proses pretreatment masih harus melalui proses lagi bernama membrane semi permeable. Sebuah teknologi yang sangat canggih, karena mampu menyaring virus, bakteri, serta partikel terlarut.

Bahkan kemampuan penyaringannya bisa mencapai kurang lebih 95%. Maka dari itu, mampu menghasilkan air yang higienis, berkualitas, bahkan mendekati murni.

5. Tentukan Strategi Pemasaran

Memang skala usaha bisnis air isi ulang oxy ini tidak terlalu besar. Akan tetapi bukan berarti kamu tidak memerlukan strategi pemasaran. Kamu tetap harus mempertimbangkan seperti apa strategi marketing yang sesuai untuk membuat masyarakat semakin mengenal usahamu tersebut.

Secara umum, kamu bisa melakukan beberapa strategi, seperti memasang spanduk, pamflet, brosur, dan lain sebagainya. Apalagi ketika di tempat tersebut masyarakat sekitar sudah lama berlangganan di tempat lain. Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagimu ketika mulai melakukan promosi.

6. Pelayanan Terbaik

Salah satu faktor keberhasilan sebuah usaha air isi ulang oxy adalah pelayanan yang kamu berikan. Kamu harus memperhatikan seperti apa cara melayani para konsumen dengan baik. Salah satu caranya, yaitu setiap kali ada orang yang datang untuk membeli air isi ulang, langsung layani dengan baik.

Usahakan jangan membuat konsumen tersebut menunggu terlalu lama. Ketika kondisi sedang ramai, setidaknya kamu tetap menanggapi konsumen yang baru datang untuk sekedar menyapa atau meminta kesediaannya untuk menunggu sebentar.

Beberapa pelaku usaha cenderung tidak terlalu memperhatikan hal sederhana ini. Mungkin merasa bahwa memang usahanya menghadirkan produk yang berkualitas. Akan tetapi, pelayanan tetap menjadi faktor yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Sekalinya pembeli kecewa, maka dia tidak akan datang lagi ke tempatmu. Bukan itu saja, kemungkinan dia juga akan cerita kepada orang lain dan malah semakin mendorong orang-orang untuk tidak lagi datang membeli galon isi ulang oxy di tempatmu.

7. Mulai Memasarkan Air Isi Ulang Oxy

Tips bisnis air isi ulang oxy berikutnya adalah mulai memasarkan produkmu. Kamu harus sabar karena pebisnis pemula biasanya masih belum menarik minat banyak konsumen hanya dengan sekali promosi. Masih perlu usaha yang lebih keras serta waktu yang cukup lama untuk benar-benar bisa menggaet para konsumen tersebut.

Kamu perlu membangun relasi serta kepercayaan dengan para konsumen baru dan pelanggan. Berikan layanan terbaik, sehingga mereka akan datang ke tempatmu lagi untuk isi ulang. 

Bahkan ketika mereka puas dengan pelayananmu, para konsumen tersebut akan secara tidak langsung mempromosikan usahamu. Sehingga, berpotensi semakin banyak mengundang minat konsumen lainnya.

Adapun jika kamu memulai usaha dan terdapat kelompok masyarakat yang merasa harga air galon masih terbilang mahal, kamu bisa meminjamkan galon kepada mereka. 

Ini juga merupakan trik untuk menarik minat pelanggan. Jika perlu, kamu dapat menempelkan label dari Dinas Kesehatan yang menandakan bahwa memang usaha depot air minum milikmu telah mendapatkan izin resmi.


Sudah Paham tentang Tips Memulai Bisnis Air Isi Ulang Oxy?

Demikian informasi seputar apa saja yang perlu kamu perhitungkan ketika memulai bisnis air isi ulang oxy. Semoga informasi ini bisa membantumu dalam meningkatkan kepercayaan diri untuk memulai bisnis serta membuat usahamu semakin berkembang.


Temukan berbagai infomasi dan tips bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Baca juga:

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait