10 Aplikasi Bisnis Online Terbaik untuk Membantu Pebisnis Era Digital

Aplikasi bisnis adalah teknologi yang wajib kamu gunakan untuk menunjang kegiatan usaha. Faktanya, sebagai pebisnis, kamu pasti punya banyak hal untuk dikerjakan sekaligus. Jika kamu hanya memakai alat bantu manual seperti kalkulator dan buku catatan, maka usaha kamu pasti akan kalah cepat dari kompetitor.

Oleh karena itu, kamu perlu memanfaatkan software khusus yang dirancang untuk menunjang kegiatan usaha. Di artikel ini, kamu bisa mendapatkan rekomendasi software terbaik untuk meningkatkan produktivitas pebisnis.

10 Aplikasi Bisnis Online Terbaik

Software yang akan kita bahas di sini memiliki banyak fungsi berbeda yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari bertransaksi, membuat laporan, hingga meeting online. Aplikasi bisnis online terbaik untuk usaha modern, yaitu:

1. WhatsApp Business

Aplikasi bisnis pertama adalah WhatsApp Business. Layanan instant messaging ini sudah lama menjadi andalan masyarakat Indonesia dalam berkomunikasi secara digital. Bahkan berdasarkan situs Demansage, Indonesia menempati peringkat 3 global sebagai pengguna WhatsApp terbesar di dunia.

Oleh karena itu, memilih WhatsApp Business sebagai channel komunikasi utama dengan pelanggan adalah pilihan yang tepat. Karena dengan jumlah pengguna WhatsApp nasional yang begitu besar, konsumen tidak perlu lagi mengunduh aplikasi messaging baru hanya untuk menanyakan stok atau harga produk kamu.

2. Mobile Banking & E-Wallet

Rekomendasi software kedua adalah mobile banking. Hari ini, transaksi konsumen semakin banyak mengandalkan layanan digital seperti mobile banking dan e-wallet. Kedua layanan ini menjadi pilihan utama konsumen karena praktis, aman, dan hemat. Apalagi di era digital di mana perputaran uang terjadi semakin cepat.

Jika kamu ingin memanjakan konsumen dengan pelayanan yang lebih ringkas, kamu wajib mengadopsi teknologi ini. Berikan pilihan pada konsumen untuk melakukan pembayaran via mobile banking  dan e-wallet. Lebih jauh, kamu bisa memanfaatkan QRIS yang telah mendukung pembayaran digital lintas platform.

3. Marketplace

Aplikasi bisnis online ketiga adalah marketplace. Kamu mungkin bisa memajang produk di Instagram dan menyelesaikan transaksi via WhatsApp. Akan tetapi, cakupan pasar kamu akan sangat terbatas. Lain ceritanya jika kamu memajang produk di pasar digital terbuka alias marketplace.

Di marketplace, kamu bisa menjaring ribuan prospek baru setiap harinya. Jumlah trafik marketplace yang begitu besar adalah target pasar yang tidak boleh kamu lewatkan. Lebih jauh, marketplace juga menyediakan fasilitas untuk chat, transaksi, hingga statistik penjualan. Marketplace adalah solusi all in one untuk usaha online.

4. Google Drive

Rekomendasi software keempat adalah Google Drive. Kamu pasti sudah sangat familiar dengan software yang satu ini. Sebagai layanan penyimpanan file online, kamu bisa menaruh berbagai file bisnis penting di dalamnya. Contohnya seperti logo bisnis, invoice, resi pengiriman, bukti transfer, hingga laporan keuangan.

Sebagai pebisnis, tentunya kamu harus bisa menyimpan dan mengarsipkan berbagai dokumen penting. Di satu sisi, hal ini berkaitan dengan kepuasan konsumen. Di sisi lain, kamu juga harus menjadi pebisnis bertanggung jawab dengan memberikan laporan lengkap untuk perpajakan, direksi, dan urusan lainnya.

5. Google Sheets

Aplikasi bisnis online kelima adalah Google Sheets. Keseharian pebisnis tidak akan jauh dari angka, tabel, dan grafik. Sebagai pebisnis, kamu harus bisa mengolah data usaha, mengambil insight darinya, dan menampilkannya dalam format yang mudah dipahami. Terdengar rumit, namun sebenarnya sangat simple.

Google Sheets adalah software yang bisa kamu pakai untuk melakukan semua tugas di atas dengan praktis. Kamu tidak harus mahir statistika atau menjadi data analyst, karena formula Google Sheets sangat mudah untuk dikuasai pemula. Oleh karena itu, kamu wajib menggunakan Google Sheets untuk usaha kamu.

Baca Juga: Ide Bisnis Online yang Bisa Dilakukan Oleh Pemula Di Mana Saja

6. Google Meet

Rekomendasi software keenam adalah Google Meet. Software ini pastinya akan sangat dibutuhkan jika usaha kamu memiliki banyak cabang di berbagai kota. Mungkin pada kasus lain, kamu menjalankan usaha online dengan tim yang tersebar di berbagai daerah. Pada situasi ini, kamu tentunya perlu mengadakan rapat online.

Dari semua layanan online meeting yang tersedia, Google Meet adalah salah satu pilihan terbaik. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini via browser tanpa harus melakukan instalasi. Walaupun begitu, Google Meet versi Android tetap dapat kamu unduh di Play Store untuk pengalaman rapat online yang lebih baik.

7. Evernote

Aplikasi bisnis online ketujuh adalah Evernote. Software ini bisa kamu gunakan untuk menulis catatan. Mengingat banyaknya hal yang harus kamu urus, maka Evernote adalah software yang membantumu agar tidak melupakan hal-hal penting. Melalui Evernote, semua catatan akan tersinkronisasi di semua perangkat.

Hebatnya, Evernote tidak hanya bisa kamu pakai untuk membuat catatan teks. Lebih jauh, kamu juga bisa menyertakan bermacam-macam media seperti gambar, audio, PDF, hingga dokumen hasil scan. Evernote juga bisa kamu pakai untuk membuat task list, sehingga aktivitas kamu lebih terukur dan terencana.

8. Canva

Rekomendasi software kedelapan adalah Canva. Demi menjalankan pemasaran, pastinya kamu membutuhkan media pendukung berupa gambar promosi yang menarik. Kabar baiknya, kamu bisa membuat desain yang cantik dengan mudah melalui aplikasi desain grafis paling simple bernama Canva.

Canva menyediakan banyak template keren yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Sehingga, kamu tidak harus menggambar dari nol. Sejauh ini, Canva tersedia dalam versi web dan desktop. Jika kamu memiliki tim desain yang bekerja remote, Canva juga bisa kamu pakai untuk berkolaborasi.

9. RajaOngkir

Aplikasi bisnis kesembilan adalah RajaOngkir. Jika kamu menjalankan usaha jual beli berbasis digital, maka software yang satu ini wajib kamu miliki. RajaOngkir mampu menghitung biaya pengiriman barang di beberapa layanan kurir terbesar di Indonesia. Sehingga, kamu bisa menaksir biaya secara lebih cepat dan akurat.

Tidak hanya menguntungkan pemilik toko, RajaOngkir juga bisa memudahkan konsumen dalam berbelanja. Caranya dengan memasang widget RajaOngkir di website kamu. Widget ini kemudian bisa konsumen gunakan untuk menghitung ongkos kirim secara mandiri. Pada akhirnya, kamu juga diuntungkan, bukan?

10. Quickbooks

Rekomendasi software kesepuluh adalah Quickbooks. Software ini menyediakan fungsi akuntansi lengkap yang bisa kamu pakai secara online. Quickbooks bisa kamu andalkan untuk membuat invoice, melakukan penagihan, mencatat pemasukan dan pengeluaran, hingga membuat laporan.

Lebih dari itu, Quickbooks juga dapat tersinkronisasi dengan Bank. Sinkronisasi ini memungkinkan kamu untuk bertransaksi dan melakukan reporting secara bersamaan hanya dalam satu langkah. Kamu tidak perlu lagi mencatat pembukuan secara manual, karena semuanya sudah terhubung dengan Quickbooks.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Penjualan Gratis Agar Usaha Makin Berkembang

Aplikasi Bisnis Online Mana yang Kamu Pilih?

Setiap pebisnis tentunya memiliki kebutuhan berbeda. Usaha online shop pastinya memerlukan marketplace dan RajaOngkir. Namun, kedua software itu tidak akan berguna bagi usaha jasa. Penyedia jasa lebih memerlukan Google Meet untuk meeting dengan klien. Jadi, aplikasi bisnis online mana yang cocok untuk kamu?

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Ajukan Modal Usaha UMKM

Artikel Terpopuler

Contoh Buku Kas

3 Contoh Buku Kas Harian yang Sederhana dan Mudah Dimengerti

0
Contoh buku kas harian apa yang mudah untuk dicoba? Mengelola keuangan harus dilakukan dengan baik. Selain bisa bantu mengontrol pengeluaran, mengelola keuangan juga bisa mempermudah...
13 Rekomendasi Sepatu Running Lokal Terbaik dan Tahan Lama

13 Rekomendasi Sepatu Running Lokal Terbaik dan Tahan Lama

0
Running atau jogging merupakan olahraga yang paling murah dan gampang. Sebab, kamu hanya butuh sepatu untuk melakukannya. Saat ini, banyak sekali sepatu running lokal...
Contoh Kata Pengantar untuk Proposal yang Menarik

6 Contoh Kata Pengantar untuk Proposal Usaha yang Menarik

0
Menulis merupakan aktivitas penting yang tidak sulit dan sebenarnya bisa dilakukan semua orang jika mau menekuni aturan-aturan dalam kepenulisan. Contohnya menulis kata pengantar pada...
11 Rekomendasi Merek Sepatu Kulit Lokal Terbaik dan Awet

11 Rekomendasi Merek Sepatu Kulit Lokal Terbaik dan Awet

0
Mencari sepatu kulit lokal berkualitas? Pada dasarnya, sepatu memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang penampilan. Mengenakan sepatu berkualitas memberikan rasa percaya diri, terutama...

8 Merek Teh Terbaik di Indonesia dan Cara Pemasarannya

0
Apa saja merek teh terbaik yang tersedia di Indonesia? Siapa yang tidak kenal minuman teh? Di Indonesia sendiri, teh merupakan minuman yang digemari oleh semua...

Artikel Terkait