Apa Itu SRC? Yuk, Kenali Cara Daftar Mitra dan Syaratnya!

Membeli kebutuhan akan lebih mudah apabila ada banyak toko kelontong di sekitar kita. Namun di masa yang lebih modern ini, toko kelontong sudah mengalami perubahan yang jauh berbeda. Salah satunya adalah toko kelontong gagasan dari SRC. Apa itu toko kelontong besutan SRC

Toko kelontong yang modern ini memiliki banyak kelebihan dan ramah bagi mereka yang lebih menyukai pembayaran non-tunai. Yuk, cari tahu lebih lanjut cara menjadi mitra, syarat-syarat, dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam menjadi mitra SRC!


Apa Itu SRC?

Sampoerna Retail Community atau SRC adalah sebuah komunitas toko grosir yang merajai pasar di Indonesia. Saat ini ada 160.000 toko grosir yang tersebar di seluruh provinsi. Kamu bisa mengenali toko grosir yang berasal dari paguyuban ini dengan karakteristik yang unik.

Toko grosir mereka memiliki bentuk yang sama dengan toko pada umumnya. Yang membedakan adalah warna cat toko yang putih dengan garis merah dan abu-abu serta spanduk merah tergantung dengan tulisan SRC di atasnya. Motif dari spanduk berbentuk anyaman dan ini cukup khas, kamu bisa mengenalnya secara langsung. 

Karakteristik lain yang dibanggakan oleh paguyuban ini adalah toko grosir yang rapi, terang, dan bersih. Selain itu pemilik toko grosir berasal dari lingkungan yang bersahabat. Kenyamanan dan kemudahan adalah slogan yang tepat dalam paguyuban satu ini.


Syarat Daftar Mitra SRC

Setiap perubahan yang terjadi di sebuah zaman akan membuatmu menginginkan hal lebih, terutama apabila kamu menjadi pelanggan atau pembeli. Namun tidak hanya mereka, penjual pun menginginkan hal yang sama. SRC menjadi inovasi tak terbantah yang mampu membantu melestarikan toko kelontong di negeri ini. 

Apabila kamu berminat untuk menjadi mitra dari paguyuban ini, kamu harus tahu apa saja syarat daftar mitra SRC. Yuk, pelajari penjelasannya di bawah ini!

1. Memiliki Toko Kelontong 

SRC adalah komunitas toko grosir yang ingin melestarikan toko kelontong di Indonesia. Oleh karena itu, untuk menjadi mitra komunitas kamu harus memiliki toko kelontong. Tanpanya kamu tidak bisa menjadi mitra dan bergabung di komunitas ini. 

2. Memiliki Keinginan Untuk Berkembang

Didirikannya komunitas satu ini adalah dengan keinginan untuk terus melestarikan toko kelontong di Indonesia. Syarat kedua yang harus kamu penuhi adalah memiliki keinginan untuk selalu berkembang. 

SRC akan terus mengikuti perkembangan zaman sehingga mereka yang tidak memiliki keinginan untuk maju akan tertinggal di belakang. 

3. Mendaftar Melalui Website Resmi SRC

Syarat ketiga adalah mendaftarkan toko kelontong milikmu ke dalam komunitas SRC. Kamu bisa melakukannya dengan cara membuka website resmi dan membuka bagian Gabung/Kerjasama lalu klik Gabung Sekarang di bagian paling bawah halaman. 

4. Memenuhi Parameter 4P 

Syarat keempat untuk menjadi mitra paguyuban ini adalah memenuhi parameter 4P. Mereka adalah penampilan dimana toko akan dicat di bagian luar dan dalam, perlengkapan toko, pengelolaan seperti administrasi dan rekapan, serta pengembangan bisnis dimana toko harus mau dikembangkan untuk jadi multifungsi. 


Cara Daftar Mitra SRC 

Setelah mengetahui syarat daftar mitra SRC, terapkan semua syarat tersebut dan kamu akan siap untuk mendaftar ke dalam paguyuban toko kelontong terbesar di Indonesia. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu terapkan, yuk simak!

1. Melakukan Syarat Parameter 4P Secara Bertahap

Syarat terakhir dalam menjadi mitra SRC adalah sesuatu yang tidak dapat kamu lakukan dengan waktu yang singkat. Namun jangan khawatir, paguyuban ini memberikan kamu waktu selama empat bulan untuk menyelesaikan syarat parameter 4P secara bertahap. 

Kamu dapat memenuhi satu syarat setiap bulannya hingga semua persyaratan siap lalu lanjutkan dengan melakukan langkah yang kedua di bawah ini. 

2. Menghubungi Sales SRC

Setelah menyelesaikan parameter 4P secara lengkap, kamu bisa melanjutkan proses pendaftaran dengan menghubungi sales dari pihak paguyuban. Kamu bisa menghubungi mereka melalui email [email protected] atau melalui aplikasi AYO Kelontong yang bisa kamu unduh melalui Play Store atau iOS. 

3. Proses Menjadi Mitra SRC 

Setelah proses menghubungi selesai, akan ada sales yang mendatangi toko kelontong dan memeriksa persyaratan. Apabila semua syarat telah terpenuhi, maka toko milikmu akan didaftarkan untuk menjadi mitra SRC.


Keuntungan Menjadi Mitra SRC

Setelah mengetahui empat syarat dan cara mendaftar untuk menjadi mitra SRC, kamu mungkin masih ragu atau justru penasaran apa yang akan kamu dapatkan setelah menjadi mitra. Jangan khawatir sebab Sampoerna Retail Community telah mempersiapkan segala keuntungan bagi para mitra yang mendaftar.

Berikut adalah daftar keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika menjadi mitra, simak penjelasannya di sini!

1. Mendapatkan Bimbingan Penuh

Membuka bisnis terutama toko kelontong akan membutuhkan banyak pengalaman dan pengetahuannya agar dapat bertahan. Sebab sudah ada banyak minimarket yang tak terhingga dan bisa saja toko kelontong milikmu kalah saing. Namun jangan khawatir, dengan menjadi mitra di paguyuban ini kamu akan tetap bisa bertahan.

Kamu akan mendapatkan bimbingan secara penuh dari paguyuban. Mulai dari cara mengatur penampilan toko, cara mengelola penjualan produk ritel dan grosir, cara untuk mengembangkan bisnis, dan membantu untuk membuka peluang bisnis lainnya. 

2. Memanfaatkan Pojok Pay

Membayar tagihan akan merepotkan apabila harus mendatangi ATM atau instansi terkait. Namun jangan khawatir, SRC punya solusi untuk membayar tagihan dengan cara yang mudah. 

Pojok Pay merupakan metode pembayaran khusus yang diterbitkan oleh paguyuban untuk membayar berbagai produk digital. Kamu bisa memanfaatkan teknologi satu ini untuk membayar berbagai macam tagihan seperti token listrik, pulsa, dll. Sebagai tambahan, Pojok Pay juga bisa membantu pelanggan untuk membayar pinjaman. 

3. Memiliki Pojok Lokal

Beberapa pengusaha yang tidak memiliki keinginan untuk berhenti pasti memiliki banyak inovasi dan keinginan untuk berkembang. Bahkan tidak jarang dari mereka yang memiliki bisnis selain toko kelontong. Biasanya mereka berbisnis di bidang makanan dan minuman atau bidang kerajinan tangan.

Pojok Lokal merupakan sebuah rak khusus yang SRC dedikasikan secara khusus bagi para UMKM lokal untuk menjual produk mereka. Biasanya, Pojok Lokal akan diletakkan di sebelah toko SRC secara berdampingan. 

Beberapa produk yang bisa kamu bantu pasarkan antara lain makanan lokal, makanan ringan, dan kerajinan tangan. 

4. Mendapat Dukungan Aplikasi Ayo SRC

Keuntungan keempat yang akan kamu dapatkan ketika bergabung ke dalam paguyuban ini adalah mendapatkan dukungan secara penuh melalui aplikasi Ayo SRC. Aplikasi ini merupakan inovasi teranyar yang dapat kamu manfaatkan untuk mengelola dan mengembangkan toko kelontong.

Setiap pemilik toko kelontong yang tergabung akan mendapat akses dan mendapat bimbingan melalui aplikasi ini. Tidak hanya pemilik yang mendapat kesempatan untuk mengembangkan bisnis, pelanggan pun memiliki keuntungan yang sama.

Sebagai pelanggan, kamu bisa mengunduh aplikasi ini dan melakukan pemesanan barang melalui online. SRC adalah program yang bagus dan memberi kemudahan bagi semua pihak. 

5. Melestarikan Toko Kelontong di Indonesia

Keuntungan yang terakhir adalah melestarikan keberadaan toko kelontong di Indonesia. Meskipun ada banyak toko retail lain, kamu tidak perlu takut toko milikmu bangkrut. Paguyuban ini memiliki motivasi lebih untuk melestarikan toko kelontong tanpa harus merubah banyak hal.

Melainkan dengan cara memahami bagaimana zaman merubah setiap aktivitas dan beradaptasi dengan cara tersebut. Tokomu akan terus berjalan dan memahami keinginan setiap pelanggan yang datang.


Tips dan Trik Sukses Mitra SRC

SRC menawarkan kemudahan sekaligus kenyamanan, tidak hanya untuk pemilik toko kelontong namun juga para pelanggan yang setia. Namun kamu harus tahu bahwa hal tidak akan berjalan sendirian, kamu juga perlu berusaha untuk memastikan toko tetap berjalan dengan lancar.

Berikut adalah tips dan trik untuk menjadi sukses selama menjadi mitra paguyuban besar ini. Yuk, simak penjelasannya dan lakukan tips triknya!

1. Memperhatikan Penampilan Toko

Paguyuban satu ini memiliki parameter 4P, salah satunya adalah penampilan toko. Kamu harus memperhatikan setiap sudut di dalam dan di luar toko. Pastikan untuk memberikan penampilan yang terbaik. Mulai dari kebersihan, kerapian, aroma toko yang wangi, hingga kenyamanan bagi pelanggan yang ingin membeli. 

Apabila cat sudah mulai mengelupas, pastikan untuk mengecat ulang bagian yang sudah tidak cerah. Lalu tatalah setiap produk dengan baik sehingga para pelanggan dapat menemukan produk yang mereka cari dengan mudah. Kemudian pastikan untuk membersihkan toko setiap pagi sehingga tidak ada debu yang menempel.

Jangan lupa untuk menyemprot pengharum ruangan sehingga toko tampak nyaman dan pelanggan ketagihan untuk membeli barang darimu. 

2. Mempromosikan Kemudahan Belanja

Seperti yang sudah tertulis di atas, SRC memiliki banyak inovasi yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pelanggan. Bahkan kamu bisa membuat pelanggan terus datang ke toko dan melakukan pembayaran tagihan melalui tokomu. 

Gunakan Pojok Pay untuk membantu pelanggan yang harus membayar tagihan tanpa harus keluar lebih jauh. Kemudian berikan pula kesempatan bagi para pengusaha lokal dan UMKM untuk mendapat lebih banyak pembeli dengan cara memasarkan produk mereka di Pojok Lokal. 

Kamu bisa melakukan promosi melalui brosur yang ditempel di tembok maupun promosi melalui media sosial. Sebarkan lebih banyak promosi sehingga lebih banyak orang yang menyadari bahwa belanja melalui toko kelontong di masa ini sudah berubah menjadi lebih mudah dan nyaman. 

3. Memberi Pelayanan Terbaik 

Tips dan trik terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara memberikan yang terbaik bagi para pelanggan. Kamu bisa memulainya dengan cara memperhatikan penampilan toko, menyiapkan produk yang dibutuhkan, tidak kolot dan berani untuk berkembang.

Beberapa toko mungkin kurang bersinar sebab pemilik tidak mau melakukan hal baru. Apabila kamu berani mempelajari setiap teknologi baru, kamu tidak akan kehilangan pelanggan. Jangan lupa untuk memperlakukan pelanggan dengan baik, beri senyum dan jadilah penjual yang ramah.


Yuk, Gabung Jadi Mitra SRC!

Memiliki toko kelontong tidak akan membuatmu bangkrut karena banyak toko baru yang bermunculan. Kamu tidak perlu minder karena SRC adalah penolong terbaik yang dapat mengajari cara untuk bertahan dan mengelola toko dengan baik. 

Syarat dan cara mendaftar untuk menjadi mitra satu ini juga mudah. Kamu bisa melakukannya tanpa harus keluar rumah. Jadi, siapkah kamu untuk meraup keuntungan lebih banyak dengan SRC?


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Baca juga:

 

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...

Artikel Terkait