Apa Itu Pertashop? Kenali Cara Daftar Kemitraan dan Keuntungannya!

Mendapatkan penghasilan tambahan di masa yang semakin modern ini bukanlah hal yang susah. Kamu bisa berbisnis dari rumah tanpa harus pusing, salah satunya adalah dengan menjadi mitra Pertashop. Apa itu Pertashop? Apabila kamu berminat untuk menjadi mitra, yuk pelajari cara daftar dan keuntungan yang bisa kamu dapat!


Apa Itu Pertashop?

Pertashop merupakan singkatan dari Pertamina Shop. Ia adalah sebuah outlet Pertamina yang memiliki tujuan untuk menjual dan melayani kebutuhan bahan bakar minyak atau BBM untuk masyarakat. Pertamina shop memiliki skala yang berbeda-beda tergantung kebutuhan.

Namun yang jelas, ia akan menjadi distributor BBM non subsidi, LPG non subsidi, dan produk ritel milik Pertamina yang lain. Kamu dapat menemukan Pertashop di kota-kota atau desa yang lebih membutuhkan produk ritel dari perusahaan minyak ini. 

PT Pertamina memiliki inovasi yang cukup brilian untuk mengembangkan ekonomi di desa-desa. Dengan memiliki bisnis SPBU mini, Pertamina dapat menjangkau lebih banyak daerah, bahkan daerah pelosok sekalipun. 

Ia bahkan memprioritaskan pembangunan Pertashop dengan mitra kerja sama melalui BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) sambil menggandeng perusahaan swasta.


Syarat Menjadi Mitra Pertashop

PT Pertamina memiliki target untuk menebar bisnis ini sebanyak 10 ribu outlet di seluruh Indonesia. Namun sebelum menjadi mitra, ada beberapa syarat yang harus kamu lengkapi. Berikut adalah syarat-syarat tersebut.

1. WNI dengan Izin Usaha

Syarat pertama yang harus kamu penuhi untuk mendirikan Pertashop adalah sebagai Warga Negara Indonesia atau WNI dan memiliki izin usaha. Beberapa izin usaha yang dapat membantu cara daftar mitra Pertashop meliputi usaha dagang, koperasi, perseroan terbatas atau PT, serta badan usaha lainnya. 

2. Menyiapkan Administrasi yang Berlaku

Syarat kedua dalam mendirikan Pertamina shop adalah menyiapkan administrasi yang berlaku. Beberapa kebutuhan tersebut antara lain KTP atau paspor, NPWP, serta akta untuk mendirikan perusahaan atau usaha dagang. Tanpa tiga syarat administrasi, kamu tidak akan bisa mendirikan bisnis ini. 

3. Memiliki atau Mendapat Lahan Untuk Pertashop

Mendirikan bisnis ini akan membutuhkan lahan, meskipun tidak terlalu luas namun kamu tetap harus memiliki atau mendapat izin untuk menggunakan lahan tersebut. Kamu bisa menggunakan lahan kosong milikmu atau membeli dan menguasai lahan untuk membuka Pertashop. 

4. Mendapatkan Rekomendasi dari Kepala Desa

Kemudian setelah memiliki lahan dan administrasi yang dibutuhkan, kamu juga harus punya rekomendasi dari kepala desa tempat dimana kamu tinggal. Seperti yang telah dijelaskan diatas, 

Pertamina Shop merupakan bisnis yang menggandeng BUMDes, oleh sebab itu kamu harus mendapat izin serta rekomendasi dari kepala desa. Tanpa kedua hal tersebut, usaha yang kamu lakukan akan dipersulit. 

5. Modal Untuk Mendirikan Pertashop

Setiap bisnis membutuhkan modal, begitu pula dengan Pertamina Shop. Kamu wajib memiliki modal untuk mendirikannya. Namun sebelumnya, pilihlah dahulu tipe mana yang akan kamu dirikan. Setelah itu persiapkan modal sesuai dengan tipe bisnis yang kamu minati.


Cara Daftar Menjadi Mitra Pertashop

Setelah memahami syarat-syarat untuk mendirikan bisnis Pertashop, sekarang adalah waktu untuk mengetahui langkah-langkah cara daftar mitra Pertashop. Ada tiga langkah wajib yang harus kamu penuhi, berikut penjelasannya. 

1. Mendaftar Melalui Website Resmi Pertamina

Langkah pertama adalah melakukan pendaftaran secara online melalui website resmi kemitraan Pertamina. Setelah itu, carilah bagian Daftar Calon Mitra BBM Ritel. Klik bagian tersebut dan cari bagian Pertashop dan klik Daftar Sekarang. 

2. Mengkonfirmasi Syarat Mitra Pertashop

Setelah kamu klik bagian Daftar Sekarang, akan ada halaman yang muncul. Ia berisi halaman konfirmasi kriteria calon mitra. Ada sebuah check box di bagian bawah, apabila kamu telah memenuhi kriteria untuk menjadi mitra, maka berilah centang di bagian tersebut. 

Kriteria yang dimaksud merupakan syarat-syarat yang telah tertulis di atas. Oleh karena itu pastikan kamu telah memenuhi syarat sebelum mendaftar menjadi mitra melalui laman resmi kemitraan Pertamina. 

3. Mengisi Informasi Lahan Untuk Mendirikan Bisnis

Langkah terakhir adalah mengisi informasi terkait lahan yang akan kamu manfaatkan dalam mendirikan bisnis ini. Akan ada beberapa pilihan lokasi yang tertera di halaman website, namun apabila lokasi dimana kamu berada tidak ada dalam pilihan maka ajukan lokasimu secara mandiri.

Akan ada beberapa langkah untuk mengajukan lokasi baru, bacalah persyaratannya terlebih dahulu. Lalu apabila lokasi baru telah tersedia, pilihlah lokasi tersebut melalui pilihan yang telah Pertamina sediakan. 

Untuk membuat lokasi baru, klik kanan pada peta dan sesuaikanlah titik dengan lokasi yang akan kamu manfaatkan. Jangan lupa untuk mengisi alamat lengkap sesuai dengan titik tersebut. Setelah itu berikan informasi terkait kepemilikan lahan dan konfirmasi persetujuan untuk mengajukan lokasi baru.

Ketiga langkah tersebut akan mudah bagi mereka yang lokasinya tersedia, namun bagi yang belum tersedia harus lebih bersabar sedikit. Apabila pengajuan lokasi baru telah disetujui, pilihan lokasi tersebut akan muncul di kemudian hari. Dengan demikian pengajuan lokasi dan daftar mitra Pertashop telah berhasil.

Setelah ketiga langkah telah selesai kamu lakukan, kamu akan mendapat email dari Pertamina yang berisi evaluasi kelayakan lahan untuk pendirian bisnis. Proses pendaftaran ini akan memakan waktu kurang lebih selama 18 hari. 

Kamu dapat memeriksa informasi terbaru melalui laman resmi kemitraan Pertamina dan surat elektronik milikmu. Kamu juga bisa menghubungi Pertamina melalui call centre di 135.


Keuntungan Mitra Pertashop

Menjadi mitra bisnis Pertamina akan membantumu mendapatkan penghasilan lebih. Pertashop merupakan bisnis menjanjikan yang dapat dilakukan oleh semua orang, bahkan bagi mereka yang tinggal di pedesaan dan pelosok sekalipun. 

Namun tahukah kamu tipe apa saja yang dapat memberi keuntungan? Berikut adalah penjelasan tipe bisnis dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Pertashop Skema Gold

Skema yang pertama adalah Gold. Kamu harus menyiapkan modal sekitar Rp 250 juta yang sudah mencakup biaya Pertashop dan biaya pengiriman. Modal ini akan berlaku untuk membeli Pertamax dengan harga Rp 20 juta dengan rincian 2000 liter per hari  x Rp8.150. 

Sedangkan keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah Rp850 per liter yang terjual sehari. Untuk sales bisa mendapatkan Rp1 hingga Rp 1000 per liter yang terjual dalam satu hari. 

Kamu bisa mendapatkan kembali modal yang telah kamu tanam selama kurang lebih lima tahun. Namun apabila pendapatan harian atau penjualanmu lebih tinggi, maka modal bisa kembali lebih cepat.   

2. Pertashop Skema Platinum

Skema kedua bernama platinum, ia membutuhkan modal kurang lebih sekitar Rp 400 juta termasuk Pertashop dan biaya pengiriman. Modal untuk membeli Pertamax adalah sekitar Rp 70 juta dengan rincian 8.000 liter per hari x Rp8.400. 

Namun jangan khawatir, meski modalnya lebih besar, keuntungan yang kamu dapatkan bisa lebih besar juga. Keuntungan mitra Pertashop ini adalah Rp600 per liter yang terjual sehari. Sedangkan sales bisa dapat Rp 1001 hingga Rp 3000 per liter setiap hari. 

Untuk estimasi pendapatan harian adalah minimal 1000 liter per hari. Kamu bisa mendapatkan balik modal selama kurang lebih 4 tahun. Namun jangka waktu tersebut dapat kamu tentukan dengan melihat hasil penjualan setiap hari atau bulan. Lebih baiknya lagi kamu bisa menjual pelumas Pertamina dan LPG Bright Gas.   

3. Pertashop Skema Diamond

Skema terakhir yang bisnis ini tawarkan adalah diamond dengan modal sekitar Rp 500 juta. Dalam biaya yang besar tersebut kamu telah mendapatkan Pertashop sekaligus biaya untuk instalasinya. Sedangkan modal pembelian Pertamax Rp 7- juta dengan rincian 8000 liter per hari dengan harga Rp 8565.

Untuk keuntungan adalah sekitar Rp 435 per liter, dan sales bisa mencapai kurang lebih 3000 liter dalam satu hari. Sedangkan estimasi pendapatan keuntungan adalah minimal 3000 liter seharinya. Kamu bisa mendapatkan modal kembali selama kurang lebih 3 tahun.

Namun perhatikan pula hasil penjualan yang kamu dapatkan. Sebagai tambahan, kamu juga bisa menjual pertamina pelumas dan LPG Bright Gas selama memilih skema terakhir dengan modal terbesar ini.  


Tips Sukses Menjadi Mitra Pertashop

Setelah memahami skema dan keuntungan mitra Pertashop, kamu pasti mulai tergiur untuk menekuni bisnis ini. Selain kamu tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, lahan yang kecil juga bisa kamu manfaatkan menjadi lahan uang. Kamu juga bisa mendapat penghasilan tambahan tanpa harus keluar rumah. 

Namun, dalam menekuni bisnis ini kamu membutuhkan tips dan trik untuk menjadi sukses. Apa saja tips dan triknya? Simak daftarnya di bawah ini!

1. Memilih Lokasi yang Strategis

Tips dan trik pertama yang harus kamu praktikkan dalam mengelola bisnis ini adalah memilih lokasi yang strategis. Menjual BBM merupakan hal mudah sebab semua orang membutuhkannya, terutama bagi mereka yang memiliki kendaraan pribadi. Apabila pom bensin masih jauh, Pertashop merupakan solusi yang tepat.

Kamu bisa memanfaatkan lahan kecil asal memiliki tempat yang strategis. Yaitu di pinggir jalan dan akses yang mudah untuk bisa sampai sana. Pembeli tidak akan mendatangi bisnis apabila aksesnya susah. Mereka juga tidak akan banyak bertanya, namun mereka akan mencari pom selama berkendara.

Oleh karena itu, pastikan kamu telah memiliki lokasi strategis yang dapat diakses oleh semua pengendara. Apabila lahan tidak terlalu besar, kamu masih bisa menargetkan pengendara sepeda motor. Namun apabila lahan besar, kamu bahkan bisa menargetkan mobil.

Semakin besar aksesnya, semakin besar pula peluang keuntungan yang bisa kamu dapatkan selama menekuni bisnis ini. 

2. Selalu Memberikan Pelayanan Terbaik

Tips dan trik kedua yang harus kamu lakukan adalah memberikan pelayanan terbaik. Kamu bisa melakukannya dengan cara bersiap dan tinggal di dekat lokasi penjualan. Sehingga ketika ada pembeli yang mendekat kamu bisa langsung melayaninya. Tidak perlu berdiam diri dalam waktu lama, asal pembeli mendapat BBM, kamu dapat untung.


Yuk, Jadi Mitra Pertashop!

Pandemi ini membuat banyak orang kesusahan dalam mendapatkan pendapatan. Namun kamu bisa melakukan investasi dengan cara membuka Pertashop dan mendapatkan keuntungan yang banyak. Perhatikan syarat dan cara mendaftar, lalu pilihlah skema yang sesuai denganmu.

Lakukan pula trik dan tips untuk menjadi mitra yang sukses. Semakin strategis, semakin banyak peluang untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, siapkah kamu menjadi mitra Pertamina shop ini?


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Baca juga:

 

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait