Apa Itu Jastip? Berikut Tips Sukses Jastip Barang Online

Di masa pandemi ini, banyak yang tidak memiliki pekerjaan sebab beberapa perusahaan menerapkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat ekonomi yang sedang sulit. Mencari penghasilan merupakan hal yang wajib kamu lakukan, salah satu caranya dengan membuka usaha. Usaha yang saat ini populer adalah jastip.

Menggunakan energi untuk membuka usaha jastip yang memiliki kepanjangan jasa titip ini tidak memerlukan banyak modal, asalkan kamu mau bergerak dan mendapat pelanggan yang akan membeli barang yang kamu jadikan jasa titip maka usahamu akan bergerak. 

Namun sebelum memulai usaha jasa titip, kamu harus melakukan beberapa riset tentang produk apa yang akan kamu beli untuk pelanggan yang memesan jasa. Sebenarnya apa itu jastip? Bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.


Apa Itu Jastip?

Jastip artinya jasa titip. Ia adalah sebuah bisnis yang berbasis jasa dimana si pebisnis memberikan bantuan kepada pelanggan untuk membelikan barang yang pelanggan inginkan.

Jastip adalah bisnis yang mulai populer semenjak adanya permintaan untuk membeli barang dari luar negeri. Namun karena keterbatasan waktu, tempat, dan jangkauan akhirnya muncullah bisnis jasa titip. 

Biasanya untuk jasa yang berada di luar negeri, barang yang pelanggan inginkan kebanyakan merupakan barang dengan brand-brand besar. Namun untuk jasa di dalam negeri sendiri beragam macamnya. Mulai dari makanan, baju, hingga buku bacaan. 

Jasa ini sungguh bermanfaat bagi mereka yang terhalang banyak hal untuk mendapatkan barang yang mereka ingin. Biasanya para penyedia jasa ini akan membuka promosinya melalui media sosial, seperti instagram atau facebook. 

Setelah mendapatkan pelanggan yang memesan, penyedia jasa ini akan meminta sejumlah uang untuk membelikan barang yang dimaksud. Setiap jasa titip memiliki biaya pembelian masing-masing, biasanya penakaran biaya mengikuti kesusahan pencarian barang ataupun seberapa terbatasnya barang tersebut.

Setelah barang terbeli, penyedia jasa akan mengirimkan barang yang diminta pelanggan. Apabila dekat maka pelanggan bisa mengambil barang tersebut melalui sistem COD atau Cash On Delivery dengan pembayaran di awal atau DP. Bisa juga dengan cara mengirimkan barang melalui jasa logistik.


Apakah Usaha Jastip Membutuhkan Modal?

Jastip adalah salah satu usaha yang tidak membutuhkan modal, sebab setiap pembelanjaan yang dilakukan oleh penyedia jasa menggunakan uang dari pelanggan. Maksudnya penyedia jasa tidak perlu menyiapkan modal sebab kamu tidak akan membelikan barang apabila si pelanggan belum mengeluarkan uang.

Cara menjalankan bisnis ini adalah si penyedia jastip harus menyiapkan dahulu barang apa yang akan menjadi objek jasa titip. Kemudian penyedia jasa mempromosikan jasanya, lalu apabila ada pelanggan yang ingin menggunakan jasanya baru ia bergerak. 

Namun apabila kamu sebagai penyedia jastip ingin mempersiapkan uang sebagai persiapan atau jaga-jaga saja, kamu bisa menyelipkan beberapa uang di dalam dompetmu. 

Kendati demikian, jangan sampai kamu tertipu. Apabila sudah ada pelanggan yang mengirim uang melalui transfer, lakukan pengecekan terlebih dahulu. Jangan membelikan barang apabila uang yang pelanggan kirim belum sampai di tanganmu. 

Bisnis ini memang memiliki risiko yang minim sebab pembelanjaan baru dapat kamu lakukan apabila sudah ada kiriman uang. Namun tidak berarti kamu terbebas dari penipuan, maka dari itu pastikan untuk melakukan pemeriksaan ulang setiap urusan keuangan agar kamu tidak sampai gulung tikar.


Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Jastip Online

Sebelum menekuni bisnis jastip, yang harus kamu lakukan adalah melakukan beberapa persiapan dan reset yang mendalam. Beberapa riset yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut. 

Akses Menuju Penyedia Barang

Hal yang pertama penyedia jasa titip harus perhatikan adalah akses kepada penyedia atau penjual barang. Apabila barang yang kamu jadikan objek jastip adalah barang yang mudah didapat, maka kamu tidak akan mendapatkan kesusahan saat membelikan pelanggan barang.

Namun apabila barang yang harus kamu beli adalah barang terbatas yang hanya orang tertentu saja bisa membeli, maka kamu harus mencari cara agar bisa mendapatkan barang terbatas tersebut. 

Pertama-tama kamu bisa mencari media sosial brand tersebut, lakukan riset kepada beberapa teman atau kenalan yang biasa menjadi pelanggan di brand tersebut. Apabila kamu bisa mencapai pekerja tetap di brand tersebut, bahkan apabila memungkinkan dekatilah manajer dari brand yang kamu tuju. 

Apabila kamu beruntung, maka kamu bisa menjadi partner yang bisa mengakses brand dan mendapat privilege untuk membeli barang dari brand tersebut tanpa kesusahan. 

Riset Target Pasar

Melakukan riset target pasar adalah salah satu kewajiban yang harus kamu lakukan apabila kamu ingin berbisnis jasa titip. Sebab jastip bisa jadi bisnis yang menguntungkan apabila target pasarnya jelas dan barang yang kamu jual berhubungan dengan target pasar tersebut.

Sebagai contoh, apabila kamu ingin menjadi pebisnis jastip buku promo atau berdiskon, maka target pasar yang harus kami cari dan jadikan subjek untuk promosi adalah mereka yang hobi membaca. Apabila objek jastip bisnismu adalah kosmetik, maka fokuslah pada mereka yang suka berdandan. 

Riset terhadap target pasar adalah salah satu hal terpenting sebab apabila objek jastip dan target pasar saling bertentangan maka kamu tidak akan mendapatkan pelanggan. Selain itu, riset akan membantumu dalam memilih platform mana yang dapat kamu gunakan untuk melakukan promosi. 

Tetapkan Tarif Jastip

Jastip adalah bisnis minim resiko yang siapa saja dapat melakukan usaha ini, termasuk para pelajar. Namun apakah itu berarti jastip tidak memberikan keuntungan? Tentu saja tidak, setiap bisnis pasti memberikan keuntungan apabila pebisnis melakukan perhitungan dengan matang. 

Perhitungan tersebut bermula dari berapa tarif jastip yang harus penyedia aplikasikan dalam proses pembelian barang. Beberapa faktor yang mempengaruhi tarif jastip meliputi seberapa jauh toko, berapa banyak barang yang akan dibeli, apakah terbatas atau tidak, dan berapa harga barang yang akan pelanggan beli. 

Misalkan apabila kamu mematok harga Rp8 – Rp10 ribu per barang jastip, maka pelanggan harus membayar harga barang dan harga jastip sebelum kamu membelikan barang tersebut. 

Aplikasikan tarif yang terjangkau, jangan terlalu murah atau kamu akan gulung tikar. Dan jangan juga mengaplikasikan tarif terlalu mahal sebab bisnis jasa titip milikmu akan sepi pelanggan. 

Perlu diingat bahwa tarif tersebut tidak termasuk harga pengiriman barang. Harga ongkos kirim harus kamu bedakan, gunakan jasa logistik yang murah namun terpercaya agar barang yang kamu kirim aman sampai ke tujuan. 

Pengecekan Barang Jastip 

Hal terakhir yang harus penyedia jastip perhatikan adalah pengecekan kualitas barang yang diinginkan pelanggan. Kamu harus memastikan bahwa barang objek jastip milikmu sudah sesuai dengan yang pelanggan inginkan, terutama dalam hal kualitas.

Kamu tidak boleh menjual barang tiruan atau barang yang rusak sebab itu akan membuat citra dan reputasi usahamu menjadi jelek. Selain itu, pastikan juga jumlah barang yang akan kamu beli sudah sesuai jumlahnya dengan permintaan pelanggan. 

Apabila ternyata barang yang pelanggan ingin beli jumlahnya tidak mencukupi, pastikan juga untuk memberitahu keadaan tersebut. Jangan sampai kamu sudah membeli barang namun ternyata si calon pelanggan tidak mau apabila barangnya tidak sesuai keinginan. 


Tips Sukses Jastip Barang Online

Setelah memperhatikan hal-hal ini dalam menekuni bisnis jastip barang online, sekarang adalah saat untukmu mempersiapkan hal-hal yang dapat membuat bisnismu melesat dan populer di kalangan pebisnis jastip yang lain. Berikut adalah tips untuk menyukseskan jastip barang online milikmu. 

1. Mempromosikan Bisnis Jastip Secara Teratur

Bisnis jastip online adalah sebuah usaha yang paling sering dilaksanakan secara musiman. Terutama apabila ada event tertentu dengan promo atau diskon yang besar. Saat itulah jasa jastip online akan ramai dan banyak dicari oleh calon pelanggan. 

Sebagai penyedia jastip artinya kamu harus melakukan promosi secara teratur dan sering melalui media sosial. Karena dengan promosi yang menarik dan teraturlah para pelanggan akan tertarik untuk menggunakan jasamu. 

Jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang ramah agar pelanggan menetap dan menggunakan jasamu di barang selanjutnya. 

2. Membuat Konten dan Foto yang Menarik

Saat promosi, apakah itu berarti hanya berisi harga barang yang akan pelanggan beli saat jastip? Kenyataannya tidak, akan lebih banyak pelanggan yang ingin mengerti keadaan barang yang sedang kamu jadikan objek jastip.

Maka dari itu gunakanlah media sosial sebagai sarana untuk membuat konten penjualan dan fotolah produk dengan cara yang unik dan menarik. Dengan cara itu, para pelanggan akan tertarik dan ingin menggunakan jasa titip milikmu. 

3. Membuat Postingan yang Berisi Testimoni Pelanggan Jastip

Media sosial adalah sarana terbaik dalam mempromosikan barang jualan, sebab saat ini semua orang memiliki hobi yang sama. Yaitu mencari testimoni dengan cara menjelajah di media sosial jasa maupun brand tertentu. Apabila kamu dapat memanfaatkan kegunaan media sosial satu ini, jasa titip milikmu akan terkenal. 

Manfaatkanlah media sosial dengan cara mengunggah postingan yang berisi testimoni para pelanggan jasa titip. Ia dapat berupa postingan maupun story yang harus kamu unggah secara teratur. 

Dengan memberikan bukti testimoni, maka calon pelanggan tahu bahwa jasa titip milikmu aman dapat dapat mereka percaya. Dengan demikian, pelanggan akan berdatangan dan bisnismu jadi lebih ramai. 

4. Memberikan Pilihan Jasa Logistik yang Terjangkau

Tips yang terakhir dalam mensukseskan bisnis jastip adalah memberikan pilihan jasa logistik dengan harga ongkos kirim yang terjangkau. Sebab kebanyakan pelanggan tidak ingin mengeluarkan uang agak banyak untuk ongkos kirim, apabila kamu ingin bersaing dengan penyedia jasa lain gunakan cara ini.

Lakukan riset terlebih dahulu, kemudian pilihlah jasa logistik yang aman dan terpercaya. Terutama dengan harga ongkos kirim yang terjangkau namun sudah jelas pengiriman barang hingga tujuan aman dan tidak rusak. 

Dengan memberikan pilihan jasa logistik, bisnismu akan dianggap fleksibel dan memprioritaskan pelanggan. Terutama apabila pelanggan adalah mereka yang tinggal di luar Pulau Jawa, perlakuan ini adalah sebuah attitude yang mulia.


Yuk Mulai Bisnis Jastip Onlinemu Sendiri!

Kamu telah mengetahui cara berjalannya bisnis jasa titip sekaligus tips sukses bisnis yang dapat kamu aplikasikan. Yang terpenting adalah melakukan riset dan tidak serakah, aplikasikanlah tarif terjangkau dengan pelayanan terbaik yang dapat mendatangkan pelanggan. Semoga berhasil!


Temukan berbagai informasi dan tips bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Baca juga: 

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait