Pasti Cuan! Yuk Olah 7 Barang Bekas ini Jadi Aksesoris Daur Ulang

Peluang usaha bahan daur ulang kini semakin populer, khususnya di kalangan generasi milenial.

Adanya tren fashion upcycle hingga penggunaan aksesoris dari bahan bekas menjadi sebuah gerakan tersendiri dalam rangka melestarikan lingkungan.

Selain ramah lingkungan, aksesoris dari barang bekas pun mempunyai keunikan dan daya jual sebagai nilai tambah.

Selama ini, masalah daur ulang sampah memang menjadi momok yang tidak berkesudahan.

Banyaknya sampah yang tertimbun serta rendahnya kesadaran masyarakat untuk mengolah limbah dan sampah menjadi barang-barang yang berguna masih menjadi kendala.

Padahal, sangat penting untuk bisa mengolah sampah dan membuat kreasi dari bahan daur ulang demi kelestarian lingkungan juga perekonomian.

Salah satunya dengan menjalankan strategi bisnis peluang usaha aksesoris bahan daur ulang.

Pasalnya, berdasarkan data yang diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Februari 2019, Indonesia saat ini menghasilkan sedikitnya 64 juta ton timbunan sampah setiap tahunnya.

Berdasarkan data, ada sekitar 60 persen sampah diangkut dan ditimbun ke tempat pembuangan akhir, 30 persen sampah yang tidak dikelola dan mencemari lingkungan. Hanya sekitar 10 persen saja sampah yang didaur ulang.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa peluang usaha aksesoris bahan daur ulang masih terbuka lebar dan bisa jadi ceruk keuntungan bisnis.

Dalam menjalankan peluang usaha aksesoris bahan daur ulang, ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Nyatanya, untuk membuat aksesoris daur ulang ternyata tidak begitu sulit. Dibutuhkan kreativitas serta kemauan untuk mengumpulkan bahan dari pengepul barang bekas agar bisa membuat kreasi dari bahan daur ulang.

Kalau kamu sudah menemukan serta mengumpulkan bahan yang tepat, kamu pun bisa langsung membuat aksesoris dari bahan bekas.

Aksesoris dari barang bekas ini cukup mudah dipasarkan dan banyak peminatnya.

Berikut 7 jenis barang bekas yang bisa kamu olah menjadi aksesoris daur ulang:

1. Plastik Kemasan Bekas

Jangan buang sachet pembungkus kopi instan yang kamu seduh di rumah ya! Sampah plastik kemasan bekas ini sangat bisa menjadi salah satu bahan baku aksesoris dari bahan bekas yang akan kamu buat.

Tidak hanya diolah menjadi tas belanja atau tas tenteng, plastik kemasan bekas juga bisa kamu olah menjadi dompet, topi, anting, hingga elemen untuk pakaian yang dikenakan, seperti emblem yang dijahit pada kantong baju maupun enamel lucu pada jaket jeans.

Tentunya, unik dan lain daripada yang lain. Peluang usaha aksesoris bahan daur ulang ini dijamin akan menghasilkan keuntungan yang tidak main-main.

2. Ban Bekas

Peluang usaha aksesoris bahan daur ulang berikutnya yang bisa kamu coba yaitu ban bekas. Ban bekas ini harus disesuaikan dengan jenis aksesoris apa yang akan kamu buat.

Kalau kamu ingin membuat tas dari ban bekas, kamu bisa menggunakan ban bekas yang lebih kokoh dan tebal seperti ban mobil.

Untuk membuat aksesoris dari barang bekas, kamu bisa menggunakan ban dalam motor atau sepeda agar diperoleh bahan ban bekas yang elastis dan mudah dibentuk serta dijahit.

Kamu bisa mendesainnya sesuai keinginan, bahkan kamu bisa membuat gantungan kunci dari sisa-sisa pinggiran ban bekas yang tidak terpakai.

Sangat mudah berinovasi dan menciptakan peluang usaha dari barang bekas dengan bahan satu ini.

3. Kertas Bekas

Kertas bekas jadi salah satu peluang usaha barang bekas yang tidak boleh sampai ketinggalan.

Tingginya penggunaan kertas khususnya di lingkungan akademik dan perkantoran akan memudahkanmu mencari barang bekas ini. Ada berbagai cara buat kamu mengolah kertas bekas menjadi peluang usaha aksesoris bahan daur ulang.

Kamu bisa mengolah kertas dengan bahan lainnya untuk bisa menghasilkan aksesoris seperti pin, hiasan, gantungan kunci, hingga anting dan gelang.

Kamu juga bisa membuat bubur kertas untuk kemudian diolah menjadi serat yang bisa dianyam untuk dijadikan tas serta aksesoris lainnya.

Aksesoris daur ulang berbahan dasar kertas bekas bisa dijadikan beragam variasi yang tidak membosankan.

4. Baju dan Kain Bekas

Coba tengok lemari pakaianmu, adakah baju dan kain bekas yang tidak terpakai? Kalau ada, jangan buru-buru dibuang ya.

Baju dan kain bekas bisa menjadi peluang usaha aksesoris bahan daur ulang. Kain-kain bekas yang masih layak pakai pun bisa kamu manfaatkan untuk bisnis masker kain yang permintaannya semakin meningkat dari hari ke hari.

Cara mengolahnya pun cukup mudah, kamu tinggal menggunting baju dan kain bekas mengikuti pola dan dijahit kembali untuk dijadikan aksesoris baru.

Kreasikan baju dan kain bekasmu untuk membuat syal, pasmina, sapu tangan, selimut, tas kain, dompet, hingga anting dan gelang. Sesuaikan dengan jenis kainnya ya.

5. Batok Kelapa Bekas

Peluang usaha aksesoris bahan daur ulang yang sangat mudah untuk kamu lakukan adalah membuat aksesoris daur ulang berbahan dasar batok kelapa.

Batok kelapa bisa dimanfaatkan sebagai bahan aksesoris dari bahan bekas. Selain harganya yang murah, batok kelapa juga mudah ditemui di mana-mana.

Kamu bisa mengolah batok kelapa menjadi aksesoris dari barang bekas seperti tas, tempat penyimpanan, tempat tanaman, hingga wadah untuk es krim serta makanan yang bisa dipasarkan.

Bahkan, kamu bisa menjadikan batok kelapa bekas sebagai pajangan hingga bingkai kacamata.

6. Kardus Bekas

Kreasi dari bahan daur ulang yang juga tidak boleh ketinggalah yakni kardus bekas.

Kardus bekas jadi salah satu limbah ramah lingkungan yang sering digunakan sebagai tempat penyimpanan, hingga pengganti kantong plastik untuk berbelanja di supermarket.

Kamu bisa membuat tas yang fashionable berbahan dasar kardus bekas. Peluang usaha barang bekas dari kardus ini terbilang menguntungkan dan tidak sulit untuk dilakukan.

7. Kaca Bekas

Kaca bekas bisa menjadi peluang usaha dari barang bekas yang bisa kamu coba selanjutnya.

Kaca bekas bisa kamu peroleh di pengepul barang-barang bekas. Beberapa jenis kaca bekas yang bisa kamu manfaatkan seperti barang pecah belah bekas pakai, kaca bahan bangunan bekas, dan alat makan serta alat masak berbahan dasar kaca yang sudah tidak terpakai.

Peluang usaha aksesoris bahan daur ulang menggunakan kaca bekas bisa menjadi beragam produk, seperti bahan untuk membuat cincin, bahan campuran aksesoris lain seperti kalung, gelang, dan anting yang bisa menimbulkan efek kemilau mewah.

Nah gimana, banyak kan barang-barang tidak terpakai yang bisa kamu manfaatkan untuk peluang aksesoris bahan daur ulang?

Peluang usaha dari barang bekas akan selalu ada, tinggal memanfaatkan kesempatan serta mengasah kreativitas yang kamu miliki.

Apabila kamu butuh modal usaha tambahan, jangan ragu untuk mengajukan ke KoinWorks, ya!

Dapatkan modal usaha tambahan tanpa syarat rumit mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar. Bunganya pun cukup terjangkau, yakni 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Untuk inspirasi bisnis lainnya, temukan di situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pengusaha UMKM. Selamat mencoba!

Artikel Terpopuler

bunga pinjaman bank mandiri

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021!

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021! - Bingung mencari pinjaman modal usaha terbaik? Bagi kamu yang berniat merintis bisnis,...
alasan bisnis gagal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal - Saat ini, pasti kita sering mendengar sebuah istilah yang bernama ‘New Normal’. Baik...
bisnis saat new normal

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan - Selamat datang di era new normal. Setelah pandemi berlangsung berbulan-bulan di Indonesia, inilah saat...
cara membuat buku kas harian

Bye Pembukuan Manual! Ini Cara Mencatat Buku Kas Harian Paling Praktis

Jika jeli mencari peluang bisnis, ada berbagai kesempatan dan potensi usaha yang menguntungkan bertebaran di sekitar kita.Apalagi kemajuan teknologi melalui aplikasi memudahkan para pelaku usaha untuk...
rekomendasi sneakers lokal wanita

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik - Sepatu alas karet, atau sneakers, awalnya difungsikan sebagai sepatu olahraga sebelum beralih menjadi...

Artikel Menarik Lainnya

Artikel Terkait