Mengenal Apa Itu Affiliate Marketing dan Peluang Bisnisnya

Affiliate marketing adalah proses promosi atau penawaran suatu produk atau layanan yang menggunakan jasa afiliasi profesional.

Kamu bisa menggunakan jasa afiliasi profesional ini sebagai salah satu strategi pemasaran. Lalu, apa saja kelebihan pemasaran afiliasi bagi perusahaan? Simak selengkapnya di sini!

Apa Itu Affiliate Marketing?

Secara umum, affiliate marketing adalah suatu proses pemasaran produk atau jasa yang menggunakan jasa para afiliator atau afiliasi profesional dan merupakan salah satu metode pemasaran yang saat ini sedang sangat populer.

Pemasaran afiliasi ini juga dikenal dengan nama endorsement atau paid promote. Melalui metode pemasaran ini, maka kamu tidak perlu repot-repot menyusun strategi pemasaran dan melakukan riset pasar. Kamu cukup memberikan konsep dan menyerahkan eksekusi promosinya pada para afiliasi profesional. 

Sekarang ini sudah banyak bisnis yang memanfaatkan metode pemasaran afiliasi, seperti bisnis kuliner, kosmetik, fashion, interior, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa membayar para afiliasi profesional tersebut dengan dua metode, yaitu pembayaran di muka atau pemberian komisi untuk setiap produk yang terjual. 

Cara Kerja Affiliate Marketing

Melalui penjelasan di atas, sekarang kamu sudah tahu tentang apa itu affiliate marketing dan cara pembayarannya.

Perbedaan dua metode pembayaran tersebut juga menentukan cara kerja dari pemasaran afiliasi. Berikut ini kami bahas dua cara kerja pemasaran afiliasi berdasarkan jenis metode pembayarannya.

1. Paid Promote atau Endorsement

Bentuk pemasaran afiliasi yang pertama yaitu paid promote atau endorsement. Jika kamu menggunakan jasa afiliasi profesional atau influencer dengan cara paid promote, maka kamu bisa melakukan pembayaran jasa promosi di awal.

Kamu bisa menyerahkan konsep promosi yang kamu inginkan kepada para influencer tersebut, sekaligus membayar biaya jasa paid promote. Sebagai contoh, kamu ingin konsep pemasarannya hard selling, logo bisnis harus terlihat jelas, produk yang dipromosikan adalah produk A, dan masih banyak lagi.

Para influencer kemudian akan menyusun konsep promosi berdasarkan permintaan yang kamu berikan. Setelah itu, para influencer tersebut akan memberikan hasil promosinya kepada kamu untuk memastikan jika kamu sudah setuju dengan konten promosi yang mereka lakukan.

Setelah kamu setuju dengan konten tersebut, maka para influencer tersebut akan memposting konten promosi ke media sosial mereka sesuai dengan perjanjian kerjasama yang telah disepakati.

2. Program Affiliate Marketing

Program affiliate marketing adalah program yang ditawarkan oleh para penyedia jasa pemasaran afiliasi. Beberapa program pemasaran afiliasi yang terkenal yaitu affiliate marketing dari Shopee, SociaBuzz, TikTok, dan Tokopedia.

Selain dapat berdiri sendiri secara independen, para influencer juga bisa bergabung dengan beberapa program pemasaran afiliasi tersebut. Tujuannya adalah untuk meningkatkan rate dan branding

Namun, perlu kamu ketahui jika setiap program dan vendor penyedia program pemasaran afiliasi biasanya memiliki kebijakan dan aturan yang berbeda-beda.

Para influencer yang tergabung dengan program tersebut akan memiliki affiliate link tersendiri untuk melakukan aktivitas promosi produk atau jasa. Affiliate link tersebut biasanya akan terhubung dengan media sosial para influencer. 

Seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan YouTube untuk memudahkan dan memperluas jaringan promosi yang akan mereka lakukan. Kegiatan promosi tersebut kemudian akan dilakukan oleh para influencer dengan cara menyematkan produk atau jasa yang mereka promosikan ke dalam affiliate link tersebut. 

Jika ada konsumen yang melakukan klik dan transaksi melalui affiliate link tersebut, maka influencer akan menerima komisi sesuai dengan perjanjian kerjasama.

Kelebihan Metode Pemasaran Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah salah satu metode pemasaran yang terbilang cukup mudah dan terjangkau. Kamu tidak perlu mengeluarkan resources untuk melakukan riset pasar dan menyusun strategi pemasaran khusus. Selain itu, ada juga beberapa kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan melalui affiliate marketing. Berikut beberapa kelebihannya:

1. Modal yang Kecil

Bisnis pemasaran afiliasi biasanya hanya membutuhkan modal yang relatif kecil. Bahkan, beberapa pelaku afiliasi profesional bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali untuk memulai bisnis pemasaran afiliasi ini.

Meskipun membutuhkan modal yang relatif kecil, namun kamu membutuhkan beberapa modal pokok untuk memulai bisnis pemasaran afiliasi ini. Beberapa modal pokok yang harus kamu miliki yaitu audiens atau followers, device yang bagus untuk membuat konten, kreativitas, dan selalu mengikuti tren dunia digital marketing.

Modal pokok tersebut merupakan beberapa contoh modal awal yang perlu kamu miliki untuk memulai bisnis pemasaran afiliasi. Kamu bisa mengembangkan modal tersebut dengan mengasah kreativitas dan memperkaya referensi tentang perkembangan dengan dunia pemasaran saat ini.

2. Mudah untuk Memulainya

Kelebihan lain dari bisnis pemasaran afiliasi ini, yaitu kamu bisa memulainya dengan cukup mudah. Karena membutuhkan modal yang relatif kecil, maka kamu bisa memulai bisnis pemasaran afiliasi ini dengan mudah dan dapat mulai dari kapanpun kamu menginginkannya.

Kemudahan inilah yang membuat banyak pengguna media sosial sekarang juga memiliki pekerjaan sampingan sebagai seorang afiliasi profesional. Fenomena tersebut bisa kamu lihat dari pertumbuhan jumlah influencer yang semakin meningkat di Indonesia setiap tahunnya.

3. Prospek Keuntungan yang Besar

Kelebihan lain dari bisnis pemasaran afiliasi ini, yaitu memiliki prospek keuntungan yang cukup besar. Hampir semua produk atau jasa bisa kamu promosikan menggunakan konsep pemasaran afiliasi.

Aneka macam produk dan jasa yang ditawarkan saat ini juga akan membuat peluang bisnis pemasaran afiliasi ini semakin besar. Selain itu, perkembangan tren digital marketing yang saat ini juga semakin banyak menggunakan sistem affiliate marketing. Sehingga perluasan prospek bisnis pemasaran afiliasi ini semakin luas juga.

Kamu bisa menjangkau berbagai aspek pemasaran baik produk maupun jasa melalui affiliate marketing ini. Karena besarnya industri atau bisnis yang bisa kamu pasarkan melalui pemasaran afiliasi, maka prospek keuntungan yang bisa kamu dapatkan juga akan semakin tinggi.

4. Bersifat Fleksibel

Selanjutnya, affiliate marketing adalah bisnis yang bersifat sangat fleksibel. Seorang afiliasi profesional tidak terikat kontrak tertentu dengan perusahaan ketika menjalankan kegiatan promosi suatu produk atau jasa. Karena itu, jika kamu tipe yang menyukai pekerjaan bebas tanpa ikatan, bisnis ini akan menjadi pilihan terbaik.

Sebagai contoh, seorang influencer bidang kuliner tidak akan terikat dengan suatu merek tertentu sehingga tidak boleh memasarkan merek kuliner yang lain. Para influencer tersebut bebas memasarkan produk atau jasa apapun tanpa terikat dengan suatu brand atau merek tertentu.

Selain itu, aspek fleksibilitas lain dari pemasaran afiliasi ini yaitu bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja. Kamu bisa membuat konten promosi kapanpun dan dimanapun, asalkan konten tersebut masih sesuai dengan konsep yang diminta oleh penjual.

5. Kesempatan Berkembang Bersama

Kelebihan pemasaran afiliasi selanjutnya, yaitu kamu memiliki kesempatan yang sama dengan influencer lainnya untuk mendapatkan perkembangan yang sama. Setiap orang bisa menjadi seorang afiliasi profesional atau influencer dengan caranya masing-masing.

Kamu cukup melakukan branding dan membangun image diri kamu agar para brand tersebut mempercayai kamu untuk memasarkan produk mereka. Kredibilitas seorang afiliasi profesional atau influencer merupakan salah satu aspek penting yang menentukan kepercayaan suatu brand untuk menggunakan jasa kamu.

Jika kamu memiliki kredibilitas diri yang baik dan jumlah follower yang banyak, maka para brand dari produk atau jasa tidak akan segan untuk menggunakan jasa kamu.

Tips Sukses Menjalankan Affiliate Marketing

Meskipun terbilang mudah, penerapan affiliate marketing juga membutuhkan strategi agar para brand percaya untuk menggunakan jasa kamu. Banyaknya jumlah influencer membuat persaingan di dunia pemasaran afiliasi juga semakin ketat. Berikut ini adalah beberapa tips sukses untuk menjalankan pemasaran afiliasi yang bisa kamu terapkan: 

1. Pahami Produk yang akan Dipromosikan

Tips pertama agar bisa sukses dalam menjalankan affiliate marketing adalah memahami produk yang akan kamu promosikan. Memiliki product knowledge atau pengetahuan produk yang baik merupakan kunci untuk membuat strategi promosi yang sesuai dan sukses.

Agar lebih mengenali produk atau jasa yang akan kamu promosikan, kamu bisa melakukan beberapa cara. Pertama, kamu bisa mencoba produk atau jasa tersebut terlebih dahulu. Ketika mencoba produk atau jasa tersebut, maka kamu akan memiliki hasil testimoni yang lebih valid dan terpercaya.

Selanjutnya, kamu bisa membaca informasi yang tertera pada produk tersebut. Selain itu, untuk meningkatkan product knowledge, kamu juga bisa mencari referensi tentang review produk serupa dari berbagai sumber. Hal tersebut bisa kamu lakukan untuk menambah literasi terkait produk atau jasa yang akan kamu promosikan 

Kamu juga bisa membandingkan produk atau jasa yang akan kamu promosikan dengan produk atau jasa serupa. Tujuannya adalah untuk mengetahui kelebihan dari produk atau jasa yang akan kamu promosikan. Ketika mengetahui kelebihan dari produk atau jasa tersebut, konten promosi yang akan kamu buat akan lebih meyakinkan.

2. Kenali Target Pasar yang Ingin Dijangkau

Setelah kamu mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan produk atau jasa yang akan kamu promosikan. Tips sukses selanjutnya, yaitu mengenali target pasar yang akan kamu jangkau melalui konten promosi. Hal tersebut bertujuan agar konten promosi yang akan kamu buat bisa tepat sasaran.

Jika konten promosi kamu tepat sasaran, maka konten tersebut akan memberikan dampak positif bagi produk atau jasa yang telah kamu promosikan. Dampak positif tersebut dapat berupa peningkatan penjualan, brand awareness, brand activation, dan peningkatan kepercayaan konsumen.

Agar dapat mengenali target pasar yang ingin kamu jangkau, kamu bisa melakukan riset pasar. Sehingga konten promosi yang akan kamu buat bisa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan target pasar.

Baca juga: Ide Bisnis Online yang Bisa Dilakukan Oleh Pemula Di Mana Saja

3. Buat Konten yang Menarik

Tips ketiga agar sukses dalam affiliate marketing adalah membuat konten yang menarik. Membuat konten yang menarik bukan hal yang mudah. Kamu membutuhkan usaha dengan melakukan  riset dan harus memiliki kreativitas yang tinggi.

Sebagai seorang afiliasi profesional, kamu harus terus mengembangkan kreativitas dengan mengikuti tren pemasaran yang sedang populer. Hal tersebut bertujuan agar konten promosi yang kamu buat tetap relevan dengan perkembangan dunia marketing saat ini.

Konten yang menarik tidak harus berupa video review produk atau jasa. Kamu juga bisa membuat narasi ulasan dengan bahasa yang lebih friendly dan santai untuk membangun kedekatan dengan konsumen.

Selain itu, kamu juga bisa membuat konten berupa foto dengan keterangan caption yang persuasif. Sehingga calon konsumen merasa tertarik dengan produk atau jasa yang kamu promosikan. Sebaiknya pastikan bahwa foto yang kamu unggah memiliki visual yang menarik, sehingga dapat membuat konsumen penasaran.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan saat membuat konten promosi adalah hindari konten promosi yang terlalu hard selling. Menggunakan konsep pemasaran hard selling merupakan konsep pemasaran yang bagus. Namun, konsep hard selling yang terlalu dipaksakan akan berdampak buruk bagi produk atau jasa yang kamu promosikan.

Karena itu, gunakan konsep hard selling seperlunya saja. Cobalah untuk memperbanyak informasi tentang produk atau jasa dan kelebihannya dibandingkan dengan produk atau jasa serupa. Hal tersebut akan lebih meyakinkan bagi para konsumen. 

Kamu tidak perlu terlalu memaksa konsumen untuk membeli produk atau jasa tersebut. Karena konten promosi yang terlalu memaksa justru akan membuat konsumen merasa terganggu dan tidak nyaman.

4. Promosi Melalui Media Sosial atau Website

Setelah membuat konten promosi yang menarik, maka tips selanjutnya adalah memilih platform yang tepat untuk memposting konten promosi tersebut. Kamu bisa menggunakan media sosial populer, seperti Instagram, TikTok, YouTube, Facebook ataupun website pribadi.

Selain itu, kamu juga bisa mengunggah konten promosi ke beberapa forum komunikasi online seperti Kaskus untuk menjangkau lebih banyak orang. Namun, pemilihan platform promosi tersebut harus kamu sesuaikan dengan target pasar yang ingin kamu jangkau.

Jika target pasar kamu merupakan para pengguna media sosial, maka kamu bisa mengunggah konten pemasaran kamu di media sosial kamu. 

Namun, jika target pasar kamu merupakan orang-orang yang sering menjelajah website atau aktif dalam forum online. Maka, kamu bisa mengunggah konten kamu ke dalam website atau forum online.

5. Terapkan Konsep SEO

Tips terakhir agar konten promosi kamu sukses adalah dengan menerapkan konsep SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengoptimasi suatu konten agar berada di urutan teratas mesin pencarian seperti Google.

Ketika kamu menerapkan SEO, maka konten promosi yang kamu buat akan memiliki peluang untuk berada di jajaran paling atas dari mesin pencarian. Jika konten promosi kamu berada di urutan teratas, maka peluang konten kamu untuk dilihat dan dibaca oleh audiens akan semakin tinggi.

Dalam penerapan konsep SEO, kamu perlu mengetahui keyword atau kata kunci apa yang paling banyak dicari saat ini. Nah, agar dapat mengetahui keyword yang sedang banyak dicari oleh audiens, kamu bisa menggunakan tools seperti Google Trends.

Sudah Paham Tentang Apa itu Affiliate Marketing?

Setelah mengetahui pengertian, cara kerja, kelebihan, dan tips sukses pemasaran afiliasi, apakah kamu semakin tertarik untuk melakukannya? Kesimpulannya, affiliate marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang sedang populer dan memiliki peluang keuntungan yang besar saat ini.

Agar kamu bisa mendapatkan hasil affiliate marketing yang sukses, kamu perlu melakukan beberapa upaya. Pertama, kamu perlu memahami produk atau jasa yang akan kamu promosikan. Kedua, kamu juga perlu mengenali target pasar yang ingin kamu jangkau melalui konten promosi yang kamu buat.

Hal yang tidak kalah penting dari suksesnya pemasaran afiliasi adalah konten yang menarik. Serta, menerapkan konsep Search Engine Optimization untuk membantu konten promosi yang kamu buat berada di jajaran teratas mesin pencarian.

Bagaimana, mudah bukan untuk menerapkan konsep pemasaran affiliate marketing?

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait