5 Tren Digital Marketing yang Penting untuk Kemajuan Bisnis

5 Tren Digital Marketing yang Penting untuk Kemajuan Bisnis  – Saat ini, digital marketing memang sudah menjadi tren besar di masyarakat khususnya bagi para pelaku usaha. Berbeda dengan tren-tren lainnya yang mudah datang dan pergi begitu saja, tren digital marketing adalah tren yang akan hidup dengan jangka waktu yang lama.

Alasannya, kini kita hidup di zaman yang serba digital. Semua bisa dilakukan dari jarak jauh. Jika dulu kita harus pergi ke toko untuk berbelanja, sekarang semuanya bisa dilakukan hanya dengan smartphone saja. Tren yang terjadi ini juga berbanding lurus dengan penjualan atau permintaan dari setiap bidang-bidang yang ada.

Baca Juga: Strategi Bisnis Offline Agar Tetap Eksis di Zaman E-commerce

Misalnya, penjualan smartphone selalu meningkat setiap tahunnya karena masyarakat sudah menganggap smartphone adalah kebutuhan yang harus dimiliki setiap orang untuk mempermudah aktivitasnya sehari-hari. Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui tren yang terjadi di dalam industri.

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi 5 tren digital marketing yang bisa memengaruhi kemajuan bisnis atau UMKM kamu.


5 Tren Digital Marketing yang Penting untuk Kemajuan Bisnis

1
Social Media Marketing

sosial media brand awareness

Hampir setiap orang yang melek teknologi pasti memiliki media sosial, baik itu untuk berbagi informasi atau hanya untuk sekedar mencari informasi terkini. Begitu juga dengan para pemiliki usaha, saat ini sudah banyak dari mereka yang melakukan pemasaran melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan yang lainnya.

Cara ini bisa terbilang cukup efektif karena jumlah masyarakat Indonesia yang saat ini sudah mencapai peringkat 10 besar dunia dalam jumlah pengguna media sosial.

Baca Juga: 5 Teknik Ampuh Menulis Deskripsi Produk Bisnis Online

Berikut ini adalah beberapa cara para pelaku bisnis atau UMKM dapat menggunakan social media marketing secara maksimal untuk mendorong pertumbuhan penjualan dan mendapatkan pelanggan baru:

  1. Berikan konten yang menarik dan relevan.
  2. Melibatkan pelanggan dalam percakapan.
  3. Menggunakan media sosial untuk layanan pelanggan, termasuk menjawab pertanyaan dan menangani keluhan.
  4. Menggunakan iklan media sosial untuk menjangkau pelanggan baru dan mengonversi calon pelanggan.
  5. Menambah awareness dan loyalitas brand melalui keterlibatan, komentar, dan fitur share.
  6. Berkolaborasi dengan influencer untuk menjangkau pasar baru dan meningkatkan awareness dan trust.
  7. Menganalisis data untuk lebih memahami kebutuhan, keinginan, dan perilaku pelanggan dan calon pelanggan.

2
Strategi Lewat Suara

voice searching

Komunikasi dengan menggunakan suara adalah salah satu bentuk interaksi manusia yang paling mudah dan paling umum, sehingga tidak heran jika orang lain juga ingin menggunakan suara ketika berinteraksi dengan teknologi atau perangkat favorit mereka.

Bahkan, di dunia telah ada setengah dari konsumen yang sudah menggunakan voice assistant, dan 81%-nya adalah dari orang-orang yang menggunakan di smartphone mereka.

Sebagai pelaku bisnis, kamu harus beradaptasi dengan kebiasaan baru dari pencarian tradisional di internet seperti sekarang, itulah sebabnya kamu harus mulai melirik strategi yang satu ini.

Baca Juga: Mau Tingkatkan Penjualan? Yuk Belajar Crowdsourcing Marketing dari Brand Besar Ini!

Salah satu elemen penting dari strategi melalui voice assistant ini adalah mengoptimalkan konten yang kamu miliki dengan jenis kata kunci yang biasanya muncul dalam pencarian suara, termasuk kata kunci yang panjang dan relevan bagimu, misalnya kata-kata seperti harga atau harga terbaik, kata kunci dalam format perintah dan pertanyaan, dan kata kunci yang menjawab jenis pertanyaan yang diajukan pelanggan kamu.

Penting untuk diingat bahwa sebagian besar pencarian suara sebenarnya adalah pertanyaan, jadi konten harus diarahkan untuk memberikan jawaban yang ringkas. Strategi suara hebat lainnya yang dapat Anda adopsi adalah menciptakan keterampilan yang dimiliki oleh Alexa atau tindakan Google, yang dapat membantumu menjangkau pelanggan yang menggunakan Alexa atau Google Home Assistant.


3
Buat Konten Video

cara-menambah-followers-instagram-4

Video telah menjadi kekuatan pendorong dalam digital marketing sejak dulu karena konten berjenis video lebih menarik dan diperkirakan menyumbang 82% dari traffic internet yang dilakukan oleh para konsumen di tahun 2021.

Tetapi itu tidak berarti video marketingmu bersifat statis. Kamu harus memikirkan bagaimana caranya melibatkan penonton atau pelangganmu dalam video tersebut. Misalnya dengan menggunakan tren video live yang saat ini sedang naik daun.

Baca Juga: Menggunakan TikTok untuk Promosi Bisnis, Bagaimana Caranya?

Alasan mengapa video live ini adalah salah satu cara yang berpotensi untuk menyaring pelanggan baru adalah karena video ini bersifat interaktif. Kamu dapat mengajak para penonton untuk berpartisipasi langsung dengan memberikan komentar saat itu jugam mengajukan pertanyaan, atau bahkan menjadi bagian dari konten yang kamu buat itu sendiri. Buatlah video semenarik mungkin dan tidak membosankan.


4
Novel Content

strategi-promosi-di-twitter-4

Konten adalah raja di ranah digital marketing. Saat ada beberapa jenis konten yang selalu ada, kamu pun perlu mempertimbangkan konten jenis baru yang dihadirkan sebagai sebuah brand.

Misalnya, tren yang berkembang saat ini adalah konten interaktif yang memungkinkan para pelanggan atau penonton terlibat secara aktif dengan brand milikmu. Nah, kamu pun tentu memikirkan beberapa konten yang menarik serta beda dari biasanya, seperti:

  • Polling
  • Infografis animasi
  • Kuis
  • Giveaway
  • Voting online
  • Atau jenis konten limited time seperti instastories dan snapchat.

Konten limited time seperti instastories ini cukup menarik karena bisa menciptakan rasa urgensi dari para pelanggan atau calon pelangganmu. Bahkan, konten seperti ini berpotensi untuk membuat orang malakukan upaya lebih besar untuk mencari konten tersebut. Akibatnya, traffic mereka untuk mengunjungi media sosial atau platform bisnismu yang lain akan lebih besar.


5
Menyatukan Unsur Fisik dan Digital

tips bisnis online awet

Mungkin sebuah konten digital dapat menjadi tren masa kini dan masa depan, tapi itu tidak berarti akan sepenuhnya mengambil alih marketing yang ada. Sebagian orang juga masih ada yang lebih senang berbelanja langsung di toko karena satu dan lain hal. Itulah kenapa sekarang pun masih banyak sekali toko-toko fisik yang tetap buka untuk menjual produk atau jasanya.

Namun, konsumen modern memang lebih menuntut dari cara berbelanja tradisional yang biasa disajikan oleh toko. Mereka tentu ingin ada unsur digital yang sudah dihadirkan oleh toko tersebut, misalnya dari cara berkomunikasi, metode pembayaran, atau cara mendapatkan diskon di toko tersebut.

Baca Juga: Kenali Manfaat Jasa Pengiriman Instan untuk Bisnis Online

Kamu juga tidak perlu menutup tokomu secara terburu-buru dan mengalihkan semua strategi pemasarannya ke digital marketing, karena tren digital ini adalah sebuah perkembangan, bukan perubahan total. Lihat kembali apakah kamu memiliki pelanggan setia di toko fisikmu


Itu dia tadi beberapa tren yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnismu melalui digital marketing.

Selain dengan mengikuti cara di atas, kini kamu juga bisa lho mengembangkan bisnismu dan menjangkau lebih banyak lagi pelanggan melalui promosi di #LokalSupportLokal. Sebuah gerakan inisiatif dari KoinWorks yang bertujuan untuk membantu para UKM untuk terus bertahan saat pandemi sedang terjadi seperti sekarang ini.

Kamu cukup daftar dan mengisi form singkat untuk mengenalkan produkmu ke masyarakat. Dan tentu saja semuanya gratis, tanpa dipungut biaya sepeser pun. Menarik bukan? Untuk lebih jelasnya, Lihat selengkapnya di sini, ya!

Jadi, kapan kamu mau memaksimalkan strategi digital marketingmu?

Alternatif Pendanaan Jika Membutuhkan Modal Tambahan Bisnis

Saat melakukan bisnis, tentu ada masa di mana kamu membutuhkan modal tambahan bisnis.

Nah, KoinWorks melalui KoinBisnis menawarkan solusi pendanaan non-bank yang memungkinkan para pelaku bisnis mendapatkan modal tambahan hingga Rp2 Miliar.

Selain itu, bunga yang ditawarkan per bulannya juga rendah, lho. Hanya mulai dari 0,75% per bulan. Kamu tertarik? Yuk ajukan sekarang di sini!